Jumat, 03 Agustus 2012

tugas evaluasi


NAMA    : SATRIANI
NIM         : 10533 5693 09
KLS         : VI.D
Tugas Evaluasi
A.    BAB VI
1.        Apakah yang dimaksud dengan kegiatan membaca produktif?
2.        Kegiatan produktif atau mempergunakan bahasa dapat dibedakan menjadi dua macam. Tuliskan kedua macam kedua macam kegiatan produktif itu!
3.        Dalam berbicara ada hal-hal yang dapat mempengaruhi keadaan pembicara. Tuliskan dan jelaskan hal-hal apa sajakah itu?
4.        Apakah pengertian dari wawancara dan sebutkan tujuan dari wawancara.
5.        Tuliskan 5 komponen alat penilaian dan deskripsi kefasihan dalam model penilaian wawancara.
6.        Tuliskan pengertian dari pidato sambutan, pidato tentang politik, kenegaraan, dan ceramah-ceramah.

B.       BAB VII
1.    Mengapa dalam novel “Sang Pencerah” setiap ungkapan istilah selalu menggunakan dialeg jawa?
2.    Apakah kata-kata dalam novel “Sang Pencerah”  masih mengandung unsur puitis?
3.    Gaya bahasa apakah yang sering digunakan dalam novel “Sang Pencerah”?
4.    Adakah efek pemilhan bentuk, kata ungkapan dan kalimat dalam karaya itu secara keseluruhan?
5.    Adakah penyimpangan kebahasaan dalam ungkapan bugis makassar dalam novel“Sang Pencerah”?
6.    Bagaimanakah karakter kedua tokoh utama dalam novel “Sang Pencerah”?

Kamis, 02 Agustus 2012

tugas evaluasi


Tugas individu evaluasi
Nama: fitrah candarayani
Kls : VI D
Nim : 10533568209

1.      TINGKAT TES KEMAMPUAN MENULIS
a)      Tes Kemampuan Menulis Tingkatan Ingatan
Jelaskan yang dimaksud wacana dialog?
b)      Tes Kemampuan Menulis Tingkat Pemahaman
Tuliskan manfaat wacana dialog!
c)      Tes kemampuan Menulis Tingkatan Penerapan
Buatlah satu contoh wacana yang termasuk wacana dialog?
d)     Tes Kemampuan Menulis Tingkatan Analisis
Datalah bagian-bagian yang termasuk wacana dialog?

2.      TINGKATAN TES KESUSTRAAN
sinopsis
Jadi penulis T.O.P. B.G.T
Menulis adalah sebuah kegiatan yang mudah diucapkan, namun sulit diperaktikkan. Dengan kata lain, gampang-gampang susah! Gampangnya ada orang yang mahir di bidang ini, namun  ada juga yang susah bukan kepalang mengawali profesi ini.
Tul nggak? Kalo ngomong doang, sih, mudah. Pas mulai menulis susahnya minta ampun! Satu kata pun langsung hilang ketika hendak dituangkan ke atas kertas. Kalo kamu nggak melulu dicap alias omong doang, coba kamu ikuti perjalanan hari membuat novel. So, dalam hituingan hari, kamu bakal jadi penulis ngetop dan banjir karya. Penasaran, kan? Baca aja langsung novel jadi penulis T.O.P. B.G.T.

a)      Tes kesastraan tingkat informasi
1.      Sebutkan nama pengarang Novel jadi penulis T.O.P. B.G.T?
b)     Tes kesastraan tingkat konsep
1.     Berapa lama penulis dapat menyelesaikan 1 novel menurut petunjuk dari novel jadi penulis T.O.P. B.G.TG ?
c)      Tes kesastraan tingkat perspektif
1.      Bagaimana pendapat anda setelah membaca novel jadi penulis T.O.P. B.G.T?
d)     Tes kesastraan tingkat apresiasi
1.      Apa fungsi ungkapan-ungkapan pada novel jadi penulis T.O.P. B.G.T ?

Tugas Individu
Mata Kuliah   : Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia



                              NAMA       : ABD. JALIL
                              KELAS     : VI. D
                              NIM           : 10533 5684 09
Tingkat Tes Kemampuan Menulis
a.      Tes Kemampuan Menulis Tingkat Ingatan
Pertanyaan :
v  Apakah yang dimaksud dengan kalimat aktif?
b.         Tes Kemampuan Menulis Tingkat Pemahaman
            Pertanyaan :
v  Jelaskan perbedaan antara kalimat aktif dengan kalimat pasif!
c.         Tes Kemampuan Menulis Tingkat Penerapan
            Pertanyaan :
v  Buatlah sebuah contoh kalimat aktif!
d.         Catatan Tes Kemampuan Menulis Tingkat Analisis Ke Atas
            Pertantaan :
v  Bagaimanakah cara anda untuk mengenali ciri-ciri kalimat aktif?


Tingkat Tes Kesastraan
Dilintas duka
Lalu muncul dilintasan duka ,seorang perawan dengan
Pita jingga di jantungnya. Aku berayun mengikuti irama
Risau, menyelubangi nyali dengan rindu-rindu yang
Berlipat, menyentuhi duri-duri yang mengepung usia,
Mengepung lorong-lorong disetiap pesta
Disetiap babak kemurungan, tak ada yang harus
Kutaklukkan selain waktu. Bukankankah tidak ada dongeng
Yang lebih dari cinta, bukaknkankah tak ada tembang
Yang lebih merdu dari igauan dari rindu. Melulu
Kutantang segala yang menikam, melulu kugali segala
Yang mencekam.
Segala kecemburuan memenjarakan kelamin ratusan
Musim. Sedang diselaras rasa takutku, telah menjamur
Angka-angka yang mengusir jam dan almanak. Tak ada
Lagi yang datang dengan perlahan, selain siput yang
Kuternak dihatiku,dimusim hujan,di mana puisi
Berjalan sempoyongan.  

                                                                                                2004 dikutip dari Horison


a.      Tes Kesastraan Tingkat Ingatan
Pertnyaan :
v  Pada tahun berapakah pembuatan puisi di atas?
       b.  Tes Kesastraan Tingkat Penerapan
            pertanyaan :
v  Tema apakah yang ingin dikemukakan “pengarang”  dalam puisi di atas?
c.         Tes Kesastraan Tingkat Penerapan
            Pertanyaan :
v  Tuliskan atau bahasakanlah kembali puisi di atas dengan menggunakan kata-kata sendiri!

d.         Tes Kesastraan Tingkat Analisis
            pertanyaan :
v  Jelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terdapat dalam puisi di atas!

e.         Tes Kesastraan Tingkat Sintesis
            Pertanyaan :
v  Jelaskan keterkaitan antara tema dengan pilihan kata yang terdapat dalam puisi di atas!
f.          Tes Kesastraan Tingkat Penilaian
            Pertanyaan :
v  Bagaimanakah penilaian anda tentang hal-hal yang terdapat dalam puisi di atas?




                              NAMA       : MULYADI
                              KELAS     : VI. D
                              NIM           : 10533 5710 09

Tingkat Tes Kemampuan Menulis

a.      Tes Kemampuan Menulis Tingkat Ingatan
Pertanyaan :
·         Apakah yang dimaksud dengan prosa fiksi?
b.         Tes Kemampuan Menulis Tingkat Pemahaman
            Pertanyaan :
·         Jelaskan perbedaan antara pikiran pokok dengan pikiran penjelas!
c.         Tes Kemampuan Menulis Tingkat Penerapan
            Pertanyaan :
·         Buatlah sebuah karangan dan tentukan pikiran pokoknya!
d.         Catatan Tes Kemampuan Menulis Tingkat Analisis Ke Atas
            Pertantaan :
·         Bagaimanakah cara anda untuk menganalisis sebuah karangan?


Tingkat Tes Kesastraan
PESAN
oleh: Dewi Budi

Aku pesan dua                                                                                                       
ucapmu, pada sepenggal mimpiku.

Meluruhkan kehkhusyuanku pada sebatang lilin,
pada sebutir bintang,
pada sisa senja di akhir april
mengapa harus  dua sudut?
aku bertanya pada ufuk timur dan tepi barat.

Menandaskan keyakinanku tentang kesempurnaan, tentang keabadian
aku pesan dua mimpi
aku pesan timur dan barat
aku pesan fajar dan senja
aku terjaga dalam batas


a.      Tes Kesastraan Tingkat Ingatan
Pertnyaan :
·         Pada tahun berapakah pembuatan puisi di atas?
       b.  Tes Kesastraan Tingkat Penerapan
            pertanyaan :
·         Tema apakah yang ingin dikemukakan “pengarang”  dalam puisi di atas?
c.         Tes Kesastraan Tingkat Penerapan
            Pertanyaan :
·         Tuliskan atau bahasakanlah kembali puisi di atas dengan menggunakan kata-kata sendiri!
d.         Tes Kesastraan Tingkat Analisis
            pertanyaan :       
·         Jelaskan unsur intrinsik yang terdapat dalam puisi di atas!

e.         Tes Kesastraan Tingkat Sintesis
            Pertanyaan :
·         Jelaskan keterkaitan antara tema dengan pilihan kata yang terdapat dalam puisi di atas!
f.          Tes Kesastraan Tingkat Penilaian
            Pertanyaan :
·         Bagaimanakah penilaian anda tentang hal-hal yang terdapat dalam puisi di atas?

Rabu, 01 Agustus 2012


Nama : Fitrianingsih
Nim    : 10533567609

Tugas Evaluasi

 Tingkat Tes Kemampuan Menulis
  A.    Tes Kemampuan Tingkat Ingatan
Ø  Sebutkan cirri-ciri alinea deduktif dan induktif.
  B.     Tes kemampuan Menulis Tingkat Pemahaman
Ø  Jelaskan perbedaan catatan kaki dengan daftar pustaka dalam sebuah karangan.
  C.     Tes Kemampuan Menulis Tingkat Penerapan
Ø  Buatlah sebuah alinea yang bersifat deduktif-induktif.
  D.    Catatan Tes Kemampuan Menulis Tingkatan analisis ke Atas
Ø  Carilah sebuah wacana dalam Koran, kemudian tentukan jenis karangannya.

Tingkat Tes kesastraan
Malam
Chairil anwar
Mulai kelam
Belum buntu malam
Kami masih berjaga
Thermopycae ?
Jagal tidak dikenal?
Tapi nanti
Sebelum siang membentang
Kami sudah tenggelam hilang

A.    Tes Kesastraan Tingkat  Ingatan
Ø  Sebutkan 4 puisi karya Chairil Anwar, kecuali Malam.
B.     Tes Kesastraan Tingkat Pemahaman
Ø  Jelaskan perbedaan antara karya Sanusi Pane dengan Chairil Anwar.
C.      Tes Kesastraan Tingat Penerapan
Ø  Ubalah puisi Malam karya Chairil Anwar menjadi bentuk puisi modern yang mudah dimaknai.
D.    Tes Kesastraan Tingkat Analisis
Ø  Jelaskan maksud Chairil Anwar dalam puisi Malam.
E.     Tes Kesastraan Tingkat sintesis
Ø  Tuliskan gaya bahasa yang dapat membedakan karya Chairil Anwar dengan karya penuis lainnya.
F.      Tes Kesastraan Tingkat Penilaian
Ø  Apa ciri khas karya sastra  angkatan 45 yang dapat membedakan dengan karya sastra modern.
nama      : lena Tanari
Nim       : 10533 5716 09
Kelas     : VI D
Jurusan                : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Bab VI
Tes Kemampuan Produktif
·         Tes Kemampuan Menulis  Tingkat Ingatan
-          Apakah sajakah yang perlu diperhatikan dalam menulis?
·         Tes Kemampuan Menulis Tingkat Pemahaman
-          Mengapa dalam sebuah karangan harus menguasai tanda baca?
·          Tes Kemampuan Menulis Tingkat Penerapan
-          Buatlah sebuah karangan yang bersifat arumen?
·         Catatan Tes Kemampuan Menulis Tingkat Analisis Ke atas
-          Buatlah sebuah cerpen, kemudian analisislah unsur-unsur yang terkandung di dalamnya?
Bab VII
 Tingkatan Tes Kesastraan
·         Tes Kesaatraan Tingkat Ingatan
-          isapakah pengarang puisi “ AKU” pada angkatan 45?
·         Tes Kesastraan Tingkat Pemahaman
-          Apakah tema dari puisi “AKU” tersebut?
·         Tes Kesastraan Tingkat Penerapan
-          Parafrasekan kembali puisi “AKU” dengan mengunakan kata-katamu sendiri!
·         Tes Kesastraan Tingkat Analisis
·                                 - Analisislah puisi “AKU” dari segi maknanya!
·         Tes Kesastraan Tingkat Sintesis
-          Apa yang melatar belakangi pengarang menuliskan puisi “AKU”?
·         Tes Kesastraan Tingkat Penilaian
-          Menurut anda apakah puisi “AKU” dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!