Tugas individu evaluasi
Nama: fitrah candarayani
Kls : VI D
Nim : 10533568209
1.
TINGKAT
TES KEMAMPUAN MENULIS
a) Tes
Kemampuan Menulis Tingkatan Ingatan
Jelaskan yang dimaksud
wacana dialog?
b) Tes
Kemampuan Menulis Tingkat Pemahaman
Tuliskan manfaat wacana
dialog!
c) Tes
kemampuan Menulis Tingkatan Penerapan
Buatlah satu contoh
wacana yang termasuk wacana dialog?
d) Tes
Kemampuan Menulis Tingkatan Analisis
Datalah bagian-bagian
yang termasuk wacana dialog?
2.
TINGKATAN
TES KESUSTRAAN
sinopsis
Jadi
penulis T.O.P. B.G.T
Menulis adalah sebuah kegiatan yang
mudah diucapkan, namun sulit diperaktikkan. Dengan kata lain, gampang-gampang
susah! Gampangnya ada orang yang mahir di bidang ini, namun ada juga yang susah bukan kepalang mengawali
profesi ini.
Tul
nggak? Kalo ngomong doang, sih, mudah. Pas mulai
menulis susahnya minta ampun! Satu kata pun langsung hilang ketika hendak
dituangkan ke atas kertas. Kalo kamu nggak melulu dicap alias omong doang, coba
kamu ikuti perjalanan hari membuat novel. So, dalam hituingan hari, kamu bakal
jadi penulis ngetop dan banjir karya. Penasaran, kan? Baca aja langsung novel
jadi penulis T.O.P. B.G.T.
a)
Tes
kesastraan tingkat informasi
1. Sebutkan
nama pengarang Novel jadi penulis T.O.P.
B.G.T?
b)
Tes
kesastraan tingkat konsep
1. Berapa lama penulis dapat menyelesaikan 1
novel menurut petunjuk dari novel jadi
penulis T.O.P. B.G.TG ?
c)
Tes
kesastraan tingkat perspektif
1. Bagaimana
pendapat anda setelah membaca novel jadi
penulis T.O.P. B.G.T?
d)
Tes
kesastraan tingkat apresiasi
1. Apa
fungsi ungkapan-ungkapan pada novel jadi
penulis T.O.P. B.G.T ?
Tugas Individu
Mata Kuliah : Evaluasi
Pengajaran Bahasa Indonesia
NAMA : ABD. JALIL
KELAS : VI. D
NIM : 10533 5684 09
Tingkat Tes Kemampuan Menulis
a. Tes
Kemampuan Menulis Tingkat Ingatan
Pertanyaan :
v Apakah yang dimaksud dengan kalimat aktif?
b. Tes
Kemampuan Menulis Tingkat Pemahaman
Pertanyaan :
v Jelaskan perbedaan antara kalimat aktif dengan
kalimat pasif!
c. Tes
Kemampuan Menulis Tingkat Penerapan
Pertanyaan :
v Buatlah sebuah contoh kalimat aktif!
d. Catatan
Tes Kemampuan Menulis Tingkat Analisis Ke Atas
Pertantaan :
v Bagaimanakah cara anda untuk mengenali ciri-ciri
kalimat aktif?
Tingkat
Tes Kesastraan
Dilintas
duka
Lalu muncul dilintasan duka
,seorang perawan dengan
Pita jingga di jantungnya.
Aku berayun mengikuti irama
Risau, menyelubangi nyali
dengan rindu-rindu yang
Berlipat, menyentuhi
duri-duri yang mengepung usia,
Mengepung lorong-lorong
disetiap pesta
Disetiap babak kemurungan,
tak ada yang harus
Kutaklukkan selain waktu.
Bukankankah tidak ada dongeng
Yang lebih dari cinta,
bukaknkankah tak ada tembang
Yang lebih merdu dari igauan dari
rindu. Melulu
Kutantang segala yang
menikam, melulu kugali segala
Yang mencekam.
Segala kecemburuan
memenjarakan kelamin ratusan
Musim. Sedang diselaras rasa
takutku, telah menjamur
Angka-angka yang mengusir jam
dan almanak. Tak ada
Lagi yang datang dengan
perlahan, selain siput yang
Kuternak dihatiku,dimusim
hujan,di mana puisi
Berjalan sempoyongan.
2004
dikutip dari Horison
a.
Tes
Kesastraan Tingkat Ingatan
Pertnyaan :
v Pada
tahun berapakah pembuatan puisi di atas?
b. Tes
Kesastraan Tingkat Penerapan
pertanyaan
:
v Tema
apakah yang ingin dikemukakan “pengarang”
dalam puisi di atas?
c. Tes Kesastraan Tingkat Penerapan
Pertanyaan
:
v Tuliskan
atau bahasakanlah kembali puisi di atas dengan menggunakan kata-kata sendiri!
d. Tes Kesastraan Tingkat Analisis
pertanyaan
:
v Jelaskan
unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terdapat dalam puisi di atas!
e. Tes Kesastraan Tingkat Sintesis
Pertanyaan
:
v Jelaskan
keterkaitan antara tema dengan pilihan kata yang terdapat dalam puisi di atas!
f. Tes Kesastraan Tingkat Penilaian
Pertanyaan
:
v Bagaimanakah
penilaian anda tentang hal-hal yang terdapat dalam puisi di atas?
NAMA : MULYADI
KELAS : VI. D
NIM : 10533 5710 09
Tingkat
Tes Kemampuan Menulis
a. Tes
Kemampuan Menulis Tingkat Ingatan
Pertanyaan :
·
Apakah yang dimaksud dengan prosa fiksi?
b. Tes
Kemampuan Menulis Tingkat Pemahaman
Pertanyaan :
·
Jelaskan perbedaan antara pikiran pokok dengan pikiran penjelas!
c. Tes
Kemampuan Menulis Tingkat Penerapan
Pertanyaan :
·
Buatlah sebuah karangan dan tentukan pikiran pokoknya!
d. Catatan
Tes Kemampuan Menulis Tingkat Analisis Ke Atas
Pertantaan :
·
Bagaimanakah cara anda untuk menganalisis sebuah karangan?
Tingkat Tes Kesastraan
PESAN
oleh: Dewi Budi
oleh: Dewi Budi
Aku
pesan dua
ucapmu, pada sepenggal mimpiku.
Meluruhkan kehkhusyuanku pada sebatang lilin,
pada sebutir bintang,
pada sisa senja di akhir april
mengapa harus dua sudut?
aku bertanya pada ufuk timur dan tepi barat.
Menandaskan keyakinanku tentang kesempurnaan, tentang keabadian
aku pesan dua mimpi
aku pesan timur dan barat
aku pesan fajar dan senja
aku terjaga dalam batas
ucapmu, pada sepenggal mimpiku.
Meluruhkan kehkhusyuanku pada sebatang lilin,
pada sebutir bintang,
pada sisa senja di akhir april
mengapa harus dua sudut?
aku bertanya pada ufuk timur dan tepi barat.
Menandaskan keyakinanku tentang kesempurnaan, tentang keabadian
aku pesan dua mimpi
aku pesan timur dan barat
aku pesan fajar dan senja
aku terjaga dalam batas
a.
Tes
Kesastraan Tingkat Ingatan
Pertnyaan :
·
Pada tahun berapakah
pembuatan puisi di atas?
b. Tes
Kesastraan Tingkat Penerapan
pertanyaan
:
·
Tema apakah yang ingin
dikemukakan “pengarang” dalam puisi di
atas?
c. Tes Kesastraan Tingkat Penerapan
Pertanyaan
:
·
Tuliskan atau
bahasakanlah kembali puisi di atas dengan menggunakan kata-kata sendiri!
d. Tes Kesastraan Tingkat Analisis
pertanyaan
:
·
Jelaskan unsur
intrinsik yang terdapat dalam puisi di atas!
e. Tes Kesastraan Tingkat Sintesis
Pertanyaan
:
·
Jelaskan keterkaitan
antara tema dengan pilihan kata yang terdapat dalam puisi di atas!
f. Tes Kesastraan Tingkat Penilaian
Pertanyaan
:
·
Bagaimanakah penilaian
anda tentang hal-hal yang terdapat dalam puisi di atas?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar