BUTIR
SOAL TINGKATAN TES
A. TINGKATAN TES KEMAMPUAN BERBICARA
1. Tes
kemampuan berbicara ingatan
§
Sebutkan etika wawancara!
2. Tes
kemampuan berbicara tingkat pemahaman
§
Jelaskan langkah-langkah persiapan
sebelum melakukan wawancara!
3. Tes
kemampuan berbicara tingkat penerapan
§
Lakukanlah sebuah pembicaraan antara
seorang ketua Gudep Pramuka dengan beberapa anggotanya tentang program
pembagian kerja! Lakukan dengan kelompok masing-masing!
4. Catatan
tentang tingkatan tes kemampuan berbicara
§
Tes kemampuan berbicara ini dilakukan
sesuai dengan kemampuan siswa dalam berbahasa maupun berpikir sebab tingkat
kemampuan berbicara siswa itu berbeda-beda misalnya, ada siswa yang tingkat
kemampuan berbahasanya masih sederhana maka tes yang diberikan berupa tes
dialog ataukah mengamati gambar yang kemudian diberikan tugas untuk memaparkan
kembali hasil amatan gambarnya. Ada pula siswa yang tingkat kemampuan
berbahasanya tinggi maka dapat diberikan tes berbicara berupa ilustrasi
pembacaan berita, wawancara, dan lain-lain.
B. TINGKATAN TES KEMAMPUAN MENULIS
1. Tes
kemampuan menulis tingkat ingatan
§
Apa yang dimaksud dengan paragraf?
2. Tes
kemampuan menulis tingkat pemahaman
§
Adakah perbedaan antara ide pokok dan
pikiran pokok dalam sebuah karangan? Jika ada, jelaskan!
3. Tes
kemampuan menulis tingkat penerapan
§
Buatlah sebuah paragraf yang bersifat
deskriptif!
4. Catatan
tes kemampuan menulis tingkatan analisis ke atas
§
Pada tes kemampuan menulis tingkatan
analisis ke atas, siswa terpaksa menggunakan kemampuan berpikirnya yang tinggi
untuk menganalisis permasalahan tertentu yang tak dapat dipecahkan hanya dengan
rekaan saja. Misal, seorang siswa ditugaskan mecari solusi untuk memecahkan
masalah tentang kurangnya minat belajar di kalangan siswa.
C. TINGKATAN TES KESASTRAAN
1. Tes
kesastraan tingkat ingatan
§
Siapa pengarang cerpen Robohnya Surau Kami?
2. Tes
kesastraan tingkat pemahaman
§
Apa amanah yang terdapat dalam cerpen Robohnya Surau Kami?
3. Tes
kesastraan tingkat penerapan
§
Ceritakanlah kembali isi cerpen Robohnya Surau Kami dengan menggunakan
kata-kata sendiri!
4. Tes
kesastraan tingkat analisis
§
Jelaskan unsur-unsur yang terdapat dalam
cerpen Robohnya Surau Kami!
5. Tes
kesastraan tingkat sintesis
§
Jelaskan hubungan antara gaya bahasa
dengan penokohan yang terdapat dalam roman salah
asuhan!
6. Tes
kesastraan tingkat penilaian
§
Jelaskan kelebihan dan kekurangan cerpen
Robohnya Surau Kami!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar