Selasa, 31 Juli 2012

SOAL JAWAB MATA KULIAH EVALUSASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

i
Nama               : Silosudarman Sain
Nim                 : 10533 5607 09 (Pengikut)
1.      TINGKAT TES KEMAMPUAN MENULIS
a)      Tes Kemampuan Menulis Tingkatan Ingatan
Apa yang dimaksud paragraf persuasi?
b)      Tes Kemampuan Menulis Tingkat Pemahaman
Jelaskan tujuan menulis paragraf persuasi!
c)      Tes kemampuan Menulis Tingkatan Penerapan
Buatlah sebuah paragraf persuasi!
d)     Tes Kemampuan Menulis Tingkatan Analisis
Bagaimana cara menentukan bahwa wacana tersebut tergolong paragfaf persuasi?

2.      TINGKATAN TES KESUSTRAAN
AKU
                                                                                                 Chairil anwar 
Kalau sampai waktuku
Kumau tak seorangkan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binang jalan
Dari kumpulannya rarbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih perih
Dan aku lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi



a)      Tes kesustraan tingkat informasi
Siapa mana pengarang puisi AKU?
b)      Tes kesustraan tingkat konsep
Kemukakan tema puisi AKU
c)      Tes kesustraan tingkat perspektif
Kesimpulan apa yang diambil setelah membaca puisi AKU?
d)     Tes kesustraan tingkat apresiasi
Jenis atau gaya bahasa apa yang digunakan Chairil anwar dalam puisinya?

Nama               : Nurhayati
Nim                 : 10533 5699 09
1.      TINGKAT TES KEMAMPUAN MENULIS
a)      Tes Kemampuan Menulis Tingkatan Ingatan
Jelaskan yang dimaksud wacana monolog?
b)      Tes Kemampuan Menulis Tingkat Pemahaman
Tuliskan manfaat wacana monolog!
c)      Tes kemampuan Menulis Tingkatan Penerapan
Buatlah satu contoh wacan yang termasuk wacana monolog?
d)     Tes Kemampuan Menulis Tingkatan Analisis
Datalah bagian-bagian yang termasuk wacana monolog?

2.      TINGKATAN TES KESUSTRAAN
GAZA I’M COMING

Devina al-Azzam atau devina adalah seorang jurnalis perempuan muda. Ia lincah bak cheetah dalam mengejar berita dan lihai dalam mengelolah kata. Ia belum lama mendalami islam. Maka, ia pun berusaha menemukan jati dirinya menjadi seorang muslimah.
Selain itu, devina seorang gadis yang tomboy meskipun penampilannya begitu sederhana.devina mempunyai sahabat bernama Keira,Niana,dan danu. Akan tetapi salah satu sahabatnya sekalian teman kantornya D’ISLAMIC sering membuat devina dan teman lainnya merasa jengkel karena dia sering diganggu oleh mahkluk rese namanya Alfarabi Danu Atmaja, cowok yang berpenampilan trendi dan tampan untuk ukuran setengah bule yang ia gabungkan antara ayah yang berdarah Turki dan ibu yang berdarah indonesia.
Gaza adalah tempat incaran dan harapan Devin. Ia ingin terjun ke sana secara langsung dan merasakan konflik di sana agar tulisannya memiliki ruh dan mampu menget            uk hati setiap jiwa. Dan , akhirnya terkirim doa-doa yang panjang untuk mereka, serempak mengetuk pintu langit dengan doa mereka, serta mengharap kebaikan bagi bumi Gaza.
Keinginan Devina pun terkabul. Kantor tempatnya bekerja menugaskan ia meliputi keadaan Gaza selama dua pekan.
Akan tetapi, Devina ragu karena harus pergi ditemani seorang jurnalis cool  bernama Misy’al, yang tentu saja bukan mahramnya. Awalnya, Devin sempat menolak, namun rombongan dokter, yang di dalamnya ada seorang dokter perempuan yang bisa menjadi mahram sementara baginya.
Sesampainya di Mesir sebelum masuk perbatasan Rafah menujuh Gaza, sebuah kejutan yang tak diperkirakan sama sekali terjadi dalam hidup Devin, yakni sang dokter memintanya untuk menikah dengan Misy’al, dengan pertimbangan keamanan dan perlindungan. Berat baginya karena ia tak memiliki perasaan apa pun terhadap Misy’al. Namun, akhirnya ia menyanggupi dengan dengan syarat hanya dua pekan.
Lantas, bagaimana kisah selanjutnya? Benarkah pernikahan mereka hanya sementara waktu atau adakah skenario lain dari Tuhan bagi mereka?! Dalam novel tersebut mengandung nilai keagamaan dan bejibun pesan kemanusiian, tak terkecuali cinta!

a)      Tes kesastraan tingkat informasi
1.      Sebutkan nama pengarang Novel GAZA I’M COMING?
b)     Tes kesastraan tingkat konsep
1.      Apakah hubungan antara Devina dan Misy’al dalam Novel GAZA I’M COMING?
c)      Tes kesastraan tingkat perspektif
1.      Bagaiman pendapat anda setelah membaca Novel GAZA I’M COMING?
d)     Tes kesastraan tingkat apresiasi
1.      Mengapa pengarang justru memilih ungkapan-ungkapan yang terkandung dalam sastra Arab?

 Ilham Zulhidayat Bursan
   Hardianto  Lukmana
1. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan maka diperlukan suatu alat atau proses kegiatan yang disebut................
A.  Proses
B.  Pemahaman           
C.  Penilaian
D.  Pengukuran
2.      Penilaian sebagai suatu proses untuk mengetahui apakah suatu kegiatan, proses kegiatan, keluaran suatu program telah sesuai dengan tujuan atau kriteria yang telah ditentukan merupakan pendapat yang dikemukakan oleh.............
A.    Hanafi Abdullah
B.     Nurgianto
C.     Ferdinan De Sauser
D.    Tuckman
3.      Sriven 1967 mengemukakan tiga komponen penilaian, kecuali ..............
A.    Data
B.     Informasi
C.     Pembuatan Pertimbangan
D.    Pembuatan Keputusan
4.      Tahap persiapan yang perlu dilakukan sebelum tahap pengumpulan data dalam komponen penilaian model Ten Brink adalah.......
A.    Pelukisan secara terperinci jenis perimbangan dan keputusan yang akan dibuat
B.     Pengumpulan informasi yang diperlukan dan analisis dan pencatatan informasi yang diperoleh
C.     Pembuatan pertimbangan dan pengambilan keputusan
D.    Pemanfaatn informasi yang sudah ada dan penyusunan penialaian
5.      Langkah terpenting dalam kegiatan penilaian adalah.........
A.    Pembuatan pertimbangan dan pengembilan keputusan
B.     Pengukuran dan pengambilan keputusan
C.     Tes dan pertimbangan
D.    Pengumpulan informasi dan perincian nilai
6.      Subkategori keluaran belajar yang berupa keterampilam intelektual yang disusun secar bertahap, dari yang paling sederhana ke yang lebih kompleks adah ..............
A.    Membedakan, konsep, aturan, dan aturan tingkat tinggi
B.     Konsep, aturan, membedakan, dan aturan tingkat tinggi
C.     Aturan, konsep, membedakan, dan aturan tingkat tinggi
D.    Informasi, pertimbangan, konsep, dan aturan
7.      Kompetensi dan kapabilitas sebagai bukti nyata keluaran belajar dapat dibedakan kedalam kategori berikut menurut Gagne 1979, kecuali...............
A.     Intelektual Skill
B.     Cognitives Strategies
C.     Verbal Information
D.    Positif Thinking
8.      Ranah kognitif terdiri dari enam bagian yang disusun dari tingkatan yang lebih sederhana ke yang lebih kompleks adalah ..............
A.    Ingatan, pemahaman, penerapan, interpretasi, sintesis, dan evaluasi
B.     Ingatan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi
C.     Ingatan, pengertian, pelaksanaan, sintesa, dan evaluasi
D.    Ingatan, korelasi, analisis, sintesa,dan evaluasi
9.      Komponen-komponen yang disyaratkan dalam perumusan tujuan yang baIk menurut Baker 1971 adalah .........
A.    Audience (sasaran), Behavior (tingkah laku), Conditions (syarat), Test (tes)
B.     Audience (sasaran), Behavior (tingkah laku), Options (pilihan), dan Conditions (syarat)
C.     Toll (Alat), Behavior (tingkah laku), Conditions (syarat), Test (tes)
D.    Audience (sasaran), Behavior (tingkah laku), Conditions (syarat), dan Degree (ukuran)
10.  Perumusan Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) secara tepat memerlukan kemampuan untuk memilih kata-kata kerja yang ..............
A.    Estetik
B.     Operasional
C.     Interaksional
D.    Dialektik
11.  Kata “tes”berasal dari bahasa Perancis Kuno yaitu................
A.    Testimoni
B.     Tesa
C.     Testum
D.    Test
12.  Berdasarkan fungsinya, menurut Sudijono (2009) tes dapat dibedakan menjadi enam golongan yaitu ...........
A.    Tes selektif, tes awal, tes akhir, tes diagnostik, tes formatif, dan tes normative
B.     Tes seleksi, tes awal, tes akhir, tes diagnostik, tes formatif, dan tes sumatif
C.     Tes seleksi, tes wawancara, tes tulis, tes diagnostik, tes formatif, dan tes sumatif
D.    Tes selektif, tes wawancara, tes tulis, tes diagnostik, tes formatif, dan tes normatif
13.  Penggolongan tes berdasarkan aspek psikis yang ingin diungkap dapat dibedakan ke dalam beberapa golongan, kecuali.......
A.    Tes Intelegensi
B.     Tes Sikap
C.     Tes Kepribadian
D.    Tes Kejiwaan
14.  Teknik non-tes yang digunakan dalam melakukan penilaian atau evaluasi hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan cara.............
A.    Pengamatan, angket, soal-jawab, interview, dan pemeriksaan dokumen
B.     Kesaksian, wawancara, soal-jawab, interview, dan analisis dokumen
C.     Pengamatan, wawancara, angket, dan pemeriksaan dokumen
D.    Kesaksian, angket, tes lisan, pelacakan prestise.
15.  Di bawah ini, yang merupakan karakteristik tes uraian (essay test) adalah ..........
A.    Jumlah butir soalnya umumnya terbatas, yaitu berkisar antara lima samapi sepuluh buitr soal saja
B.     Tes esai memberikan pilihan jawaban
C.     Pada umumnya butir soalnya selalu diawali dengan kata-kata “yang manakah”
D.    Dalam soal uraian, jawaban yang diberikan cukup singkat
16.  Tes apa yang baik…
A.    Tes sekolah
B.     Tes individu
C.     Tessecara kelompok
D.    Tessesuai dengan bahan yang diajarkan
17.  Apa fungsi dari psikometrik kratirta kasiha adalah…
A.    Merupakan hal yang ensasi
B.     Merupakan tes alat ensasi
C.     Merupakan alat thermometer
D.    Untuk mencapai pendidikan
18.  Sebutkan salah satu contoh perhitungan tates dan krelasi serta butir analisis saat akan  dibicarakan kecuali….
A.    Kasahihan isi
B.     Kasahihan ukur
C.     Kasahihan sejalan
D.    Kesahihan sendiri
19.  Apakah pengertihan kasahihan tersebut…
A.    Sesuai daya tujuan Bahan diskripsi yang diajarkan
B.     Berapa jauh siswa yang suda diajarkan dalam bidang tentu menjawab kapan lebi tinggi
C.     Merupakan alat thermometer
D.    Tessesuai dengan bahan yang diajarkan
20.  Pada kasihan ramala terdapat rumus jelaskan keterangan dari symbol XI….
A.    SKOR TES PERTAMA
B.     SKOR TESKEDUA
C.     KOOFISIEN SKOR 3 LASI
D.    PENAFSIRAN TERHADAP BESAR KECIL
21.  Penafsiran terhadap besar keciulnya terhadap koefisien korelasi dengan berdasarkandiri pada kecuali…
A.    Koefisien 0,800 sampai 0,600=standar
B.     Koefisien 0,800 sampai 1,00= sangat tinggi
C.     Koefisien 0,400 sampai 0,600 = cukup
D.    Koefisien 0, 200 sampai 0.400 = rendah
22.  Sebutkan persiapan tesmenyimak kecuali
A.    Persiapan khusus tes kemampuan menyimak
B.     Bahan kebahasaan tes kemampuan menyimak
C.     Tingkat tes kemampuan menyimak
D.    Tehnik penilaian hasil karangan
23.  Sebutkan tingkat-tingkat teskemampuan menyimak…
A.    Tes kemampuan menyimak tingkat ingatan
B.     Tes kemampuan menyimak tingkat pemahaman
C.     Tes kemampuan menyimak tingkat analisis
D.    Semua benar
24.  Apa yang dimaksud tes kemampuan membaca ….
A.    Tes kemampuan membaca tingkat ingatan
B.     Kemampuan untuk memahami  informasi terkandung dalam wacana
C.     Puisi sebagai salah satu karya seni
D.    Membaca tingkat evalausi menuntut siswa untukmemberikan penilaian
25.  Sebutkan bentuk-bentuk kemampuan berbicara kecuali
A.    Pembicaraan berdasarkan gambar
B.     Wacana
C.     Bercerita
D.    Evalausi
26.  Apa yang dimaksud wacana…
A.    Beritanya hanya biasa-biasa saja
B.     Merupakan satuan bahasa lengkap memuat informasi lenkap dan pesan
C.     Berita tidak lengkap
D.    informasi terkandung dalam wacana
27.  apa yang dimaksud cerama
A.    rangsangan diperdengarkan berupa cerama selama 8 menit didengarkan 5 orang atau lebih
B.     rangsangan diperdengarkan berupa cerama selama 1 menit didengarkan hanya sendiri
C.     bercerama sndiri saja
D.    Merupakan satuan bahasa lengkap memuat informasi lenkap dan pesan
28.  Aktivitas  berarti
A.    Melibatkan visik
B.     Melibatkan sesorang
C.     Rendahnya kepercayaan
D.    Mempengaruhi seseorang
29.  Sebutkan keuntungan tes komprensi…
A.    Menjamin tingkat tinggi kepercayaan tes
B.     Tidak mencapai tingkat tinggi klepercayaan
C.     Hanya biasa-biasa saja
D.    Rendahnya kepercayaan
30.  Kemampuan berbahasa yang bersifat aktif produktif merupakan kemampuan yang menurut kemampuan dengan kegiatan…….
A.    Recording
B.     Encoding
C.     Komunication
D.    Speaking
31.  Hal yang memengaruhi keadaan pembicaraan yang sifatnya esensial karena harus diperhitungkan dalam tes kemampuan berbicara siswa dalam suatu bahasa menurut Oller adalah …………
A.    Topik dan lingkungan
B.     Topik dan lawan bicara
C.     Tema dan lingkungan
D.    Lingkungan dan lawan bicara
32.  Sebutan untuk gambar-gambar menarik yang bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan berbicara siswa yang potensial untuk tes yang berkadar pragmatik adalah …………
A.    The Bilingual Syintax Measure
B.     The Speak Syintax Measure
C.     The Pragmatic Komunication Measure
D.    The Picture For Pragmatic
33.  Pada dasarnya teknik wawancara bersifat praktis, murah, dan populer akan tetapi masih memiliki kelemahan karena ……
A.    Bersifat objektif pada pihak penilai
B.     Bersifat lama untuk penilai
C.     Besifat subjektif pada pihak penilai
D.    Bersifat sementara DALAM MENILAI
34.  Berikut ini merupakan kategori-kategori pokok dalam teknik penilaian hasil karangan,, kecuali……..
A.    Kualitas dan ruang lingkup isi
B.     Organisasi dan penyajian isi
C.     Gaya dan bentuk bahasa
D.    Sasaran karya
35.  Sebutkan tujuan wawancara
A.    Mampu memenuhi kebutuhan rutin tata karma berbahasasecara minimal
B.     Mampu mempergunakan bahasa itu fasi sekali casing starafdengan menutur asli terpelajar
C.     Mampu memenuhi kebutuhan rutin sosialuntuk keperluan pekerjaan secara terbatas
D.    Semua benar
36.  Sebutkan alat komponen penilaina dan deskripsi
A.    Tekanan
B.     Puisi
C.     Drama
D.    Semua benar
37.  Sebutkan keperluan menulis
A.    Menulissebagaipragmatik
B.     Catatan tentang tingkat teskemampuan berbahasa
C.     Diskusi
D.    Semua benar
38.  Sebutkan bentuk-bentuk tugas kemampuan menulis
A.    Menulisdengan rangsangan buku
B.     Tugasmenyusun alinia: tes objetif
C.     Menulisberdasarkan visual
D.    Semua benar
39.  Sebutkzn salah satupendekatan taksanami teskesastraan
A.    Penilaian terhadap kognetif
B.     Penilaian dalam pembelajaran sastra
C.     Teskemampuan menulis
D.    Semua benar
40.  Sebutkan tingkat tesastraan kategori moody
A.    Tes  kesastraan tingkat konsep
B.     Tes model penilaian wawancara
C.     Tes  berdasarkan gambar
D.    Semua benar

SOAL ESAI

1.      Ditinjau dari segi cara mengajukan pertanyaan dan cara memberikan jawabannya, tes dapat dibedakan menjadi dua golongan. Sebutkan dan jelaskan!
2.      Sebutkan langkah-langkah yang dilakukan untuk menganalisis butir soal!


Tabel 
Analisis Butir Soal Kelompok Rendah dan Kelompok Tinggi untuk Persiapan Perhitungan Indeks Tingkat kesulitan Daya pembeda


Kelompok Tinggi
No.
Nomor Butir Soal

40
Jml.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39

1
1
1
1
1
1
1
 0
 1
 1
 1
 1
 1
 1
 0
1
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
38
2
0
1
0
1
1
1
 1
 1
 0
 1
 1
 1
 1
 1
 0
 1
 1
 1
 1
 1
 1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
36
3
1
1
1
0
1
1
 1
 1
 1
 1
 1
 1
 1
 1
 1
 0
 1
 1
 0
 1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
36
4
1
1
0
1
1
1
 1
 1
 1
 1
 1
 0
 1
 0
 1
1
 1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
0
0
0
1
1
0
33

3
4
2
3
4
4
3
4
3
4
3
4
4
4
3
3
3
3
3
2
3
4
4
4
4
4
3
2
4
4
3
4
4
4
3
3
3
4
4
3


Kelompok Rendah
No.
Nomor Butir Soal

40
Jml.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39

1
1
1
0
0
1
1
 0
 1
0
 1
0
 0
 1
 1
 0
1
0
1
0
1
1
0
0
1
0
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
26
2
0
0
0
1
1
1
 1
 1
 0
 0
 1
 1
 0
 1
 0
 1
 0
 1
 0
 1
 1
0
1
1
1
0
1
1
1
0
1
1
0
1
1
0
1
0
0
23
3
0
0
1
0
1
1
 1
 0
 0
 1
 1
 0
 0
 0
 0
 0
 1
 1
 0
0
 1
1
1
0
0
1
0
1
0
1
1
1
0
0
1
1
21
4
0
0
0
1
0
1
 1
 1
 1
 1
 0
 0
 0
 0
 1
0
0
 1
0
0
1
1
1
0
1
1
1
0
0
0
1
1
1
19

1
1
1
2
3
4
3
3
2
2
3
3
2
2
1
2
1
3
2
1
3
2
2
2
4
3
1
2
3
3
1
4
2
4
3
3
1
3
3
3


Tingkat kesulitan Butir Soal
Butir 1             If            =  0,75
Butir 2             If            = 0,62
Butir 3             If            = 0,37
Butir 4             If            = 0,62
Butir 5             If            = 0,87
Butir 6             If            = 1
Butir 7             If            = 0,75
Butir 8             If            =  0,87
Butir 9             If            = 0,62 
Butir 10           If            = 0,75
Butir 11           If            = 0,75
Butir 12           If            = 0,87
Butir 13           If            = 0,75
Butir 14           If            = 0,75
Butir 15           If            = 0,5
Butir 16           If            = 0,62
Butir 17           If            = 0,5
Butir 18           If            = 0,75
Butir 19           If            = 0,62
Butir 20           If            = 0,34
Butir 21           If            = 0,75
Butir 22           If            = 0,75
Butir 23           If            = 0,75
Butir 24           If            = 0,75
Butir 25           If            = 1
Butir 26           If            = 0,87
Butir 27           If            = 0,5
Butir 28           If            = 0,5
Butir 29           If            = 0,87
Butir 30           If            = 0,87
Butir 31           If            = 0,5
Butir 32           If            = 1
Butir 33           If            = 0,62
Butir 34           If            = 1
Butir 35           If            = 0,75
Butir 35           If            = 0,75
Butir 36           If            = 0,75
Butir 37           If            = 0,5
Butir 38           If            = 0,87
Butir 39           If            = 0,87
Butir 40           If            = 0,75


Keterangan: Soal dibagikan ke 15 siswa, lalu diambil 27,5% siswa dengan nilai tertinggi dan    27,5% siswa dengan nilai terendah.