Sabtu, 12 Mei 2012

MATA KULIAH          :           EVALUASI PENGAJARAN BAHASA INDONESIA
NAMA                         :           HERIANTY
NIM                             :           10533570609
Soal !
Ada keputusan dari pihak kepala sekolah untuk mencari 3 orang siswa untuk mengikuti lomba baca puisi. Bangaimana proses seorang guru untuk mendapatkan ke-3 orang siswa tersebut?
Jawaban:
1.Tahap Persiapan
Tahap persiapan ini berisi kegiatan-kegiatn yang perlu dilakukan sebelum pelaksanaan pengumpulan data.
a.       Pelukisan secara terinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat tersebut
Peran seorang guru (pengajar) pada tahap ini mengumumkan atau memberitahukan kepada siswa-siswi, dengan begitu memberikan peluang bagi siswa-siswi yang berminat dalam perlombaan tersebut. Sehingga dapat memudahkan seorang guru (pengajar) untuk mendapatkan informasi tentang siswa-siswi  terbaik yang dapat diikut sertakan dalam lomba baca puisi.
b.      Peluksan informasi yang diperlukan
Pelukisan informasi yang diperlukan secara lebih jelas akan mempermudah pemilihan teknik yang dipergunakan untuk memperoleh informasi. Dalam tes aspirasi sastra dalam hal ini puisi, jika seorang guru (pengajar) hanya ingin mengetes kemampuan dalam hal pemahaman, pengetahuan dapat dilakukan bentuk tes esai. Akan tetapi, jika guru (pengajar) ingin mengetes kemampuan yang berkaitan dengan aspek apresiasi puisi dapat dilakukan tes dalam bentuk pelatihan, dan apabila seorang guru (pengajar) ingin mengetes dari kemampuan seorang siswa dalam hal membaca puisi dapat dilakukan tes dalam bentuk evaluasi. Dari tes terakhir inilah yang seharusnya yang dipilah dan dipergunakan untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.
c.       Pemanfaatan informasi yang sudah ada
Penilaian selanjutnya yang akan dilakukan hendaknya juga memanfaatkan informasi yang ada yang diperoleh. Sesuai dengan proses sebelumnya dengan menggunakan beberapa model tes yang saling terpaut satu sama lain, seorang guru (pengajar) pasti memiliki catatan-catatan tiap-tiap tes yang akan dilaksanakan secara rutin dalam penilaian untuk mendapatkan siswa-siswi yang mempunyai kemampuan dalam membaca puisi. Informasi yang sebelumnya akan dimanfaatkan dengan informasi yang telah didapatkan untuk melakukan pertimbangan untuk penilaian selanjutnya.
d.      Penentuan kapan dan bagaimana cara memperoleh informasi
Mengenai tahap ini, terkait tentang penetapan kapan dan bagaimana cara memperoleh informasi tentang siswa-siswi yang berbakat dalam lomba membaca puisi, sebelumnya guru (pengajar) harus mempunyai rancangan dan teknisi dari proses penilaian tersebut. Selain itu terlebih dahulu seorang guru (pengajar) memberikan informasi terkait kapan pelaksanaan tes-tes yang telah dibuat konsepnya berdasarkan model tes yang telah didapatkan sebelumnya, baik itu dalam bentuk tes esai, pelatihan, dan evaluasi.
e.       Penyusunan atau pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan
Dalam hal ini terkait dengan penyusunan atau pemilihan alat penilaian yang akan digunakan dalam proses penilaian. Terkait dengan alat penilaian dalam membaca puisi ada beberapa alat yang dapat dipergunakan. Alat yang digunakan tidak terlepas dengan model tes yang ditentukan oleh seorang guru (pengajar). Misalnya tes evaluasi model penilaian yang dapat dipergunakan yaitu instrument tes yang menyangkut pemahaman, pengetahuan dalam membaca puisi, dan masih banyak alat yang dapat digunakan untuk model tes selanjutnya. Agar lebih efektif dalam memanfaatkan alat penililaian maka guru (pengajar) harus memahami bagaimana teknik dalam penyusunan tes, pengujian taraf kesahian dan keterpercayaan (masalah ini akan dibicarakan secara lebih terperinci pada tahap selanjutnya.
2.Tahap Pengumpulan Data
Dalam tahap pengumpulan data ini terdapat dua langkah yang ditempuh, yaitu memperoleh informasi yang diperlukan dan analisis dan pencatatan informasi yang diperoleh itu.
a.       Pengumpulan informasi yang diperlukan
Pada tahap ke-2 ini tepatnya pada poin pertama terkait dengan pengumpulan informasi dalam proses penilaian dapat dilakukan di dalam kelas, observasi masing-masing kelas yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti proses penilaian dalam penyeleksian lomba baca puisi, kemudian diadakan penyeleksian antar kelas guna mendapatkan siswa-siswi yang mempunyai kemampuan membaca puisi dengan baik dan berhak untuk mengikuti perlombaan tersebut. Agar informasi yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan, pelaksanaan pengumpulannya harus menggunakan teknik-teknik tertentu yang sesuai dengan situasi dan kondisi.

b.      Analisis dan pencatatan informasi yang diperoleh
Dalam poin ini yaitu tahap untuk menganalisis informasi atau data yang diperoleh, baik data yang mentah menjadi data yang masak dengan tujuan untuk memudahkan penafsiran terhadap penilaian tersebut. Terkait dengan penilaian yang dilakukan yaitu untuk mendapatkan siswa-siswi yang mempunyai kemampuan untuk membaca puisi, maka dari itu dilakukuan teknik-teknik yang seauai dengan informasi di dapatkan. Agar pada tahap ananlisis ini lebih meyakinkan dan dapat di pertanggungjawabkan peran guru sangat besar dalam menganalisis dengan metode/ teknik yang dipergunakan terhadap data yang ada. Kemudian dari hasil pengolahan data ini dapat dijadikan informasi dalam pertimbangan dan pengambilan keputusan.

3. Tahap Penilaian
Tahap penilaian merupakan tahap terakhir dalam proses, dan penilaian yang dimaksudkan adalah penilaian terhadap informasi yang telah di dapatkan dan sudah diolah berdasarkan tahap sebelumnya yaitu tahap persiapan dan tahap pengumpulan data. Berdasarkan tahap demi tahap yang sudah dilakukan dan memeperoleh hasil itulah yang kemudian akan diambil langkah terpenting dalam kegiatan penilaian, yaitu:

a.       Pembuatan pertimbangan
Pertimbangan merupakan taksiran kondisi yang ada sekarang yang dipakai sebagai prediksi keadaan pada masa mendatang.Berdasarkan hasil penafsiran di atas tentang siswa-siswi yang memepunyai kemampuan untuk mengikuti lomba baca puisi. Dan telah melalui tahap demi tahap yang telah dilaksanakan berdasarkan teknik-teknik yang sesuai dengan tes-tes sehingga diperoleh tiga siswa terpilih yang telah dipilih oleh guru (pengajar) itu sendiri dengan hasil-hasil pertimbangan data atau informasi yang telah didapatkan dan telah dikelolah. Siswa yang terpilih memepunyai kesempatan untuk mewakili sekolahnya dalam rangka mengikuti lomba baca puisi. Dari ke-3 siswa yang terpilih dapat mewakili perlombaan tersebut,  merupakan hasil pertimbangan yang ditunjukkan dari hasil penilaian selama proses penilaian berlangsung mereka dipertimbangkan memiliki kemampuan dan menunjukkan kelebihannya yang tidak dimiliki oleh siswa yang lainnya dan memiliki nilai yang lebih dari siswa yang lain. Hal ini merupakan taksiran yang ada berdasarkan dari hasil penilaian, sehingga terpilih 3 siswa yang dipertimbangkan mempunyai peluang untuk memenangkan lomba tersebut sesuai dengan pertimbangan prediktif.

b.      Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan berdasarkan dari hasil pertimbangan-perimbangan di atas. Pengambilan keputusan ini merupakan langkah yang terakhir dan terpenting dalam proses pemilihan ini. Dan pihak yang terkait dalam pengambilan keputusan ini bersifat relative oleh karena itu pengambil keputusan bersifat hati-hati. Kemudian langkah terakhir yaitu memberikan atau mennyampaikan hasil penilaian terhadap pihak yang membutuhkannya, dalam bentuk pengumuman bagi siswa yang lolos dan mempunyai kesempatan untuk mengikuti lomba baca puisi dan mendapatkan juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar