Sabtu, 12 Mei 2012


WAHYUNI
VI D
10533 5673 09/ 02

SOAL
*      Ada keputusan dari sekolah mencari tiga orang siswa untuk diikutkan dalam kegiatan lomba baca puisi,

Pertanyaan:
*      Bagaimana cara/proses seorang guru untuk mendapatkan tiga orang tersebut?

Jawaban:
*      Cara/proses yang harus dilakukan oleh seorang guru untuk mendapatkan tiga orang siswa yang akan mengikuti kegiatan lomba baca puisi tersebut ada tiga tahap, yaitu:

1.      Tahap Persiapan

Tahap persiapan ini berisi kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan sebelum pelaksanaan pengumpulam data. Adapun kegiatan-kegiatan yang dimaksud:
a.      Pelukisan secara rinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat.
Pada tahap ini aeorang guru mensosialisasikan informasi mengenai akan diadakannya penyeleksian untuk memilih tiga orang siswa yang akan diikutsertakan pada kegiatan lomba baca puisi.
b.      Pelukisan informasi yang diperlukan.
Pada tahap ini aeorang guru menentukan bentuk tes yang akan diberikan kepada siswa, bentuk tes yang akan diterapkan itu harus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, kita ingin mengetahui kemampuan siswa dalam membaca puisi, maka bentuk tes yang harus dilakukan kepada seorang siswa adalah tes perbuatan/praktik sehingga diperoleh informasi yang diharapkan.
c.       Pemanfaatan informasi yang sudah ada
Selain melalui pengumpulan informasi secara langsung, pastinya seorang guru mempunyai catatan-catatan penilaian mengenai kemampuan siswa yang dilakukan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Informasi yang dimiliki itu dipergunakan bersama iformasi yang diperoleh untuk membuat pertimbangan.
d.      Penentuan kapan dan bagaimana cara memperoleh informasi.
Pda tahap ini guru memberikan informasi kepada siswa kapan tes akan diadakan dan bagaimana bentuk tes yang akan dilakukan. Karena lomba yang akan diikuti adalah lomba baca puisi , maka bentuk tes yang akan dilakukan adalah tes perbuatan/praktik.
e.       Penyusunan atau pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan.
Pada kegiatan ini aeorang guru mempersiapkan alat tes yang akan digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca puisi. Sesuai dengan tujuan dari penyeleksian untuk mencari siswa yang mampu membaca puisi, maka alat tes yang digunakan adalah puisi.

2.      Tahap Pengumpulan Data.
Dalam tahap pengumpulan data ini terdapat dua langkah yang akan ditempuh, yaitu memperoleh infurmasi yang diperlukan, analisis dan pencatatan informasi yang diperlukan itu.

a.      Pengumpulan informasi yang dibutuhkan.

Setelah melalui tahap persiapan, maka tahap selanjutnya adalah pengumpulan data melalui pruses tes yang telah dirancang dan dipersiapkan sedemikian rupa, Tes tersebut dilakukan di dalam kelas dan bentuk tes yang diujikan adalah tes perbuatan//praktik sebagaimana yang telah dirancang pada tahap persiapan.

b.      Analisis dan pencatatan informasi yang diperoleh.

Setelah melalui proses pengumpulan data, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data yang diperoleh dari tes yang dilakukan terhadap siswa. Pada tahap inilah seurang guru mulai dapat memilah-milah siswa yang memiliki kemampuan membaca puisi dengan baik, dan data inilah yang dipergunakan sebagai dasar pembuatan pertimbangan dan pengambilan keputusan pada tahap selanjutnya.

3.      Tahap Penilaian

Penilaian yang dimaksudkan adalah penilaian terhadap informasi yang diperoleh dan yang telah diolah di atas. Berdasarkan hal itulah kemudian akan diambil langkah terpenting dalam kegiatan penilaian, yaitu pembuatan pertimbangan sebagai dasar pengambilan keputusan.

a.      Pembuatan Pertimbangan

Dari data yang telah diperoleh , maka dilakukanlah pertimbangan siapa-siapa saja tiga orang siswa yang diperkirakan memiliki kemampuan untuk  dapat memenangkan lomba baca puisi tersebut.

b.      Pengambilan Keputusan

Setelah melalui serangkaian proses yang telah dilakukan, maka langkah terakhir adalah pengambilan keputusan, yaitu mengumumkan hasil tes yang telah dilakukan, mengumumkan tiga orang siswa yang berhak dan wajib mewakili sekolah untuk mengikuti lomba baca puisi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar