Minggu, 13 Mei 2012


Nama : Suhartin. L
Nim :   105 33570509
Kelas :             VI.D

Tugas
Bagaimana cara guru untuk mencari  tiga orang siswa dalam mengikuti lomba membaca puisi tingkat SMA.
  Adapun cara-cara dalam melakukan penilaian untuk mencari  tiga orang siswa terbaik untuk mengikuti lomba baca puisi sebagai berikut:

1.      Tahap Persiapan
Tahap persiapan sangat penting dilakukan dalam memulai suatu kegiatan sebelum tahap selanjutnya atau tahap pengumpulan data, dalam tahap persiapan ada beberapa proses yang harus dilakukan yaitu:

 pertama adalah memberikan pelukisan secara terperinci dan keputusan yang akan dibuat, hal ini akan memudahkan dan memberi  arah yang jelas dalam usaha mendapatkan informasi yang diperlukan,

kedua adalah pelukisan informasi yang diperlukan, hal ini akan mempermudah pemilihan teknik yang akan dipergunakan untuk memperoleh informasi yang di inginkan.

Ketiga adalah pemanfaatan informasi yang ada, maksudnya dalam penilaian yang dilakukan hendaknya juga memanfaatkan informasi yang telah diperoleh sebelumtanya dan informasi itu dipergunakan bersama informasi yang diperoleh untuk membuat pertimbangan.
  
Keempat, penentuan kapan dan bagaimana cara memeroleh informasi. Dalam hal ini perencanaan tentang kapan kegiatan yang akan dilakukan kiranya perlu dilakukan atau diberitahukan kepada siswa agar mereka dapat mengadakan persiapan sebaik mungkin

Kelima Penyusunan atau pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan.

2. Tahap pengumpulan data

Dalam tahap ini ada dua langkah  yang diperlukan:

1.      Pengumpulan informasi
Pengumpulan informasi penting untuk dilakukan agar informasi yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan yang pelaksanaan pengumpulannya harus mempergunakan teknik tertentu yang sesuai dengan situasi dan kondisi.

2.      Analisis dan pencatatan yang diperoleh
Setelah informasi atau data yang telah diperoleh langkah  selanjutnya yang harus dilakukan adalah menganalisis data, penganalisisan atau pengolahan data dilakukan dengan mempergunakan teknik statistik dan nonstatistik tergantung atau sesuai data yang ada.
Hasil dari penganalisisan itu dipergunakan sebagai dasar pertimbangan dan pengambilan keputusan selanjutnya.


3.      Tahap Penilaian
Yang dimaksud tahap penilaian adalah penilaian terhadap informasi yang diperoleh dan yang telah diolah. Berdasarkan penilaian itulah, selanjutnya dilakukan langkah terpenting dalam penilaian yaitu pembuatan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Dalam tahap penilaian ini yang terpenting adalah penilaian terhadap artikulasi yang tepat, suara serta cara dalam penghayatan puisi yang mereka bacakan. Jika penilaian itu telah terlaksana selanjutnya pembuatan pertimbangan terhadap siswa yang dianggap mampu dalam membacakan puisi sesuai dengan penilaian. Hal ini merupakan pertimbangan prediktif. Setelah tahap pertimbangan maka selanjutnya adalah tahap penganbilan keputusan tahap ini dilakukan dalam waktu yang relative singkat tetapi sangat penting untuk dilakukan, sebab dalam pengambilan keputusan hanyalah pemilihan dari yang baik dan terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar