Minggu, 13 Mei 2012


Nama            : Muh. Saleh N        Nim  : 10533 5696 09            Kls : VI.D

Tahap-tahap yang dilakukan oleh seorang guru dalam pemilihan tiga orang  siswa terbaik untuk mengikuti lomba pembacaan puisi tingkat SMA.

1.       Tahap persiapan
a.       Pelukisan secara terinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat
Pelukisan atau perencanaan keputusan yang akan dibuat agar seorang guru bisa memberitahukan cara-cara yang akan dilakukan dalam perlombaan puisi tersebut agar siswa yang terpilih itu bisa memberikan hasil yang terbaik.
b.      Pelukisan informasi yang diperlukan gambaran informasi yang diperlukan secara jelas yang dapat mempermudah pemilihan tehnik yang akan digunakan untuk memperoleh informasi sesuai dengan aspek pengetahuan siswa
c.       Pemanfaatan informasi yang sudah ada
Penilaian harus memanfaatkan informasi yang ada sesuai dengan prinsip penilaian dalam proses belajar mengajar dan dengan data-data yang dimiliki oleh guru tentang siswa
d.      Penentuan kapan dan bagaimana  cara memperoleh informasi
Penentuan kapan dan bagaimana pemerolehan informasi itu dilaksanakan sebaiknya kita harus memberitahukan terlebih dahulu siswa tersebut agar mereka dapat melakukan persiap[an terlebih dahulu.
e.      Penyusunan / pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan
Memilih alat penilaian yang akan dipergunakan, apakah alat tersebut benar-benar dapat menjamin diperolehnya informasi yang diperlukan. Jika guru tidak mendapatkan alat penilaian tersebut maka dia harus menyusun sendiri instrumen tes yang akan dipergunakan dan menentukan bentuk instrumen yang bagaimana, apakah berupa tes, observasi, pemberian tugas atau bentuk yang lain, agar alat tersebut bisa dipertanggung jawabkan.

2.       Tahap pengumpulan data
a.       Pengumpulan informasi yang diperlukan
Pengumpulan informasi dalam kegiatan penilaian yang berupa pengumpulan data-data dalam kelas serta guru-guru agar informasi yang didapatkan dapat dipertanggung jawabkan dengan menggunakan tehnik-tehnik tertentu sesuai dengan situasi dan kondisi
b.      Analisis pencatatan informasi yang diperoleh
Menganalisis data yang telah didapatkan maksudnya disini adalah, data-data yang belum lengkap dianalisis menjadi data-data yang sempurna agar memudahkan penafsirannya, dengan menggunakan teknik tepat yaitu teknik statistik dan teknik non statistik tergantung data yang ada.
3.       Tahap Penilaian
a.   Pembuatan pertimbangan
Pertimbangan merupakan tafsiran kondisi yang ada sekarang dan dipakai masa mendatang, di mana siswa yang sudah terpilih yang akan mewakili sekolahnya dipilih dengan penuh pertimbangan, hanya siswa-siswa yang mempunyai kemampuan lebih dari teman-temannya yang lain yang dapat mengikuti perlombaan itu dan ketiga siswa tersebut dipertimbangkan mempunyai peluang memenangkan perlombaan tersebut.

b. Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan berdasarkan dari data-data dan pertimbangan-pertimbangan yang telah dilakukan sebelumnya. Pencapaian hasil pertimbangan penilaian siswa yang memberikan hasil keputusan baik itu laporan yang berupa pengumuman hasil tes atau ujian pengisian rapor kepada siswa, laporan lembaga dan sebagainya, maka siswa itu bisa diberikan keputusan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar