Minggu, 13 Mei 2012


Nama    : Hasriana Hasan
Nim        : 10533 5714 09
Kls          : VI.D
Tiga langkah yang dilakukan oleh seorang guru dalam pemilihan siswa terbaik untuk mengikuti lomba pembacaan puisi.
1.       Tahap Persiapan
a.       Pelukisan secara terinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat
Pelukisan yang dilakukan secara jelas tentang pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat oleh guru, yang mana seorang guru memmberikan gambaran terhadap siswa tentang perlombaan yang akan diadakan sehingga siswa yang terpilih itu dapat memberikan hasil yang baik.
b.      Pelukisan Informasi yang diperlukan
Pelukisan informasi yang diperlukan  secara jelas akan memperoleh informasi yang sesuai, yaitu dengan mengetes kemampuan siswa yang berkaitan dengan aspek pengetehuan, pemahaman atau penerapan saja.
c.       Pemanfaatan Informasi yang Sudah ada
Penilaian yang dilakukan hendaknya memanfaatkan informasi yang telah didapatkan oleh guru-guru tentang data atau kegiatan siswa yang dilakukan setiap hari dalam kegiatan belajar mengajar. Informasi itulah yang harus dipergunakan bersama informasi yang telah diperoleh untuk membuat  pertimbangan.
d.      Penentuan dan bagaimana cara memperoleh informasi
Setiap perencanaan kegiatan penilaian yang akan dilakukan perlu diberitahukan kepada siswa agar siswa tersebut dapat mempersiapkan dirinya sebaik mungkin, misalnya bentuk tes yang akan diberikan apakah bentuknya seperti lisan atau tertulis.
e.      Penyusunan / pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan
Memilih alat penilaian yang akan dipergunakan, apakah alat tersebut benar-benar dapat menjamin diperolehnya informasi yang diperlukan. Jika guru tidak mendapatkan alat penilaian tersebut maka dia harus menyusun sendiri instrumen tes yang akan dipergunakan dan menentukan bentuk instrumen yang bagaimana, apakah berupa tes, observasi, pemberian tugas atau bentuk yang lain, agar alat tersebut bisa dipertanggung jawabkan.
2.       Tahap Pengumpulan Data
a.       Pengumpulan informasi yang diperlukan
Pengumpulan informasi kegiatan penilaian dapat dilakukan dengan pengukuran, peninjauan serta pengawasan dalam kelas. Agar informasi yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan , serta pelaksanaan pengumpulannya harus menggunakan teknik-teknik tertentu  yang sesuai dengan situasi dan kondisi.
b.      Analisis dan pencatatan informasi yang diperoleh
Setelah informasi yang diperlukan telah didapat, langkah selanjutnya menganalisis atau mengolah data-data yang sudah diperoleh menjadi data-data yang akurat/lengkap, agar memudahkan penafsiran terhadapnya. Pengolahan data itu dilakukan dengan tekhnik tepat. Hasil pengolahan data itu dipergunakan sebagai pembuatan pertimbangan dan pengambilan keputusan pada langkah berikutnya.
3.       Tahap Penilaian
a.       Pembuatan pertimbangan
Pertimbangan merupakan tafsiran kondisi yang ada sekarang dan dipakai masa mendatang, di mana siswa yang sudah terpilih yang akan mewakili sekolahnya dipilih dengan penuh pertimbangan, hanya siswa-siswa yang mempunyai kemampuan lebih dari teman-temannya yang lain yang dapat mengikuti perlombaan itu dan ketiga siswa tersebut dipertimbangkan mempunyai peluang memenangkan perlombaan tersebut.
b.      Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan berdasarkan dari data-data dan pertimbangan-pertimbangan yang telah dilakukan sebelumnya. Pencapaian hasil pertimbangan penilaian siswa yang memberikan hasil keputusan baik itu laporan yang berupa pengumuman hasil tes atau ujian pengisian rapor kepada siswa, laporan lembaga dan sebagainya, maka siswa itu bisa diberikan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar