Sabtu, 12 Mei 2012

NAMA            : MARDIANA
KELAS           : VI D
NIM                : 10533 5702 09 / 28

SOAL
Bagaimana cara guru mendapatkan  tiga orang siswa untuk mengikuti perlombaan baca puisi tingkat SMA ?

JAWABAN
Cara guru untuk mendapatkan tiga siswa dalam mengikuti perlombaan baca puisi tingkat SMA,  yaitu:

1.      Tahap Persiapan
Sebelum tahap penilaian dan pengumpulan data dilakukan, terlebih dahulu guru menyiapkan beberapa tes puisi yang akan diberikan kepada siswa untuk mengikuti seleksi lomba baca puisi. Tetapi sebelum memberikan tes membaca puisi, alagkah bagusnya jika guru memberikan penjelasan kepada siswa tentang bagaimana teknik membaca puisi yang baik dan tepat. Dalam pembacaan puisi yang harus diperhatikan yaitu intonasi, menyeimbangkan emosional dalam membacakan puisi, dan memperhatikan mimik maupun  ekspresi. Mimik hanya berkisar di wajah dan gerakannya juga halus, jadi siswa harus membedakan bagaimana mimiknya pada saat membacakan puisi, baik itu puisi bahagia, sedih, maupun puisi perjuangan. Sedangkan ekspresi menyangkut semua gesture atau gerak tubuh dan wajah, tetapi gerakanya kasar.
Dengan menjelaskan hal tersebut, bisa memudahkan bagi siswa  untuk melakukan persiapan dan latihan sebelum membacakan puisi.

2.      Tahap Pengumpulan Data
Setelah tahap persiapan dilakukan dilakukan dan guru mampu menyimpulkan melalui beberapa penelitian pemeriksaan dan melalui observasi, maka guru dapat menganalisis data-data dari siswa yang mengikuti seleksi pembacaan puisi.

3.      Tahap Penilaian
Tahap penilaian ini dilakukan setelah tahap-tahap sebelumnya dilaksanakan.Dalam tahap penilaian,gurudapat mempertimbangkan dan mengambil keputusan yang terbaik bahwa diantara beberapa siswa yang telah mengikuti seleksi tersebut, hanya ada  tiga siswa yang betul-betul mampu dan memenuhi semua kriteria untuk di utus dalam mengikuti lomba pembacaan puisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar