Sabtu, 12 Mei 2012


MK                 : EVALUASI PENGAJARAN BAHASA INDONESIA
NAMA           : SRI WAHYUNI
NIM                : 10533 5697 09

SOAL
Guru diberikan tugas dari kepala sekolah, memilih tiga orang siswa untuk mengikuti lomba baca puisi antarsiswa SMA. Jelaskan dengan metode penilaian sebagai suatu proses!

JAWABAN
Untuk dapat memilih tiga orang siswa terbaik dalam mengikuti lomba deklamasi  puisi antarsiswa SMA, maka  guru dapat melakukan penilaian melalui beberapa tahap yakni tahap persiapan, tahap pengumpulan data, dan tahap penilaian.

1.                  TAHAP PERSIAPAN

Tahap persiapan merupakan tahap awal yang dilakukan sebelum tahap pengumpulan data. Adapun langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam tahap ini yaitu:

a.                   Pelukisan secara terinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat.
Seorang guru perlu menjelaskan secara rinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat pada perlombaan puisi. Ini bertujuan memberikan arahan kepada siswa dalam usaha mendapatkan informasi yang diperlukan.

b.                  Pelukisan informasi yang diperlukan
Pelukisan informasi yang diperlukan hendaklah tersampaikan secara jelas kepada siswa, agar dapat memberi kemudahan dalam memahami materi yang telah disampaikanberkaitan dengan puisi sebelum penyeleksian.

c.                   Pemanfaatan informasi yang sudah ada
Pemanfaatan informasi yang sudah ada  juga dapat  dijadikan suatu acuan oleh guru dalam menilai keseharian siswa. Selain dari kehadiran siswa, yang  perlu dinilai adalah keaktifan  siswa dapat dilihat dari kegiatan yang dilakukan secara rutin. Informasi yang sudah ada ini dapat dipergunakan oleh guru untuk membuat pertimbangan terhadap siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.

d.                  Penentuan kapan dan bagaimana cara memperoleh informasi
Dalam langkah ini, guru perlu menginformasikan atau memberitahukan terlebih dahulu kepada siswa tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan perlombaan puisi. Tujuannya, agar siswa dapat memantapkan diri terhadap kemampuannya.

e.                   Penyusunan atau pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan
Tugas guru selanjutnya adalah memilih alat penilaian yang akan digunakan. Alat penilaian ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: pertama, tulisan (dilakukan dengan menyuruh siswa menciptakan sebuah karya puisi); dan yang kedua, lisan (dapat dilakukan dengan memerintahkan siswa mendeklamasikan puisi).

2.                  TAHAP PENGUMPULAN DATA

Terdapat dua langkah yang ditempuh dalam tahap pengumpulan data yaitu:

a.                   Pengumpulan informasi yang diperlukan
Sebelum proses penilaian dilakukan, guru perlu mengumpulkan informasi yang diperlukan sebelum perlombaan deklamasi puisi berlangsung. Pengumpulan informasi ini dapat diperoleh dari hasil kerja siswa dalam menciptakan sebuah karya puisi ataupun dalam mendeklamasikan puisi yang telah tersedia sebelumnya.

b.                  Analisis dan pencatatan informasi yang diperoleh
Setelah mengumpulkan informasi, guru perlu menganalisis dan mencatat informasi yang diperoleh dari pemberian tugas tersebut. Dalam hal ini, diharapkan guru memberikan latihan-latihan menulis puisi kepada semua siswa tentunya dengan penggunaan diksi (pilihan kata), makna puisi, kata-kata kiasan yang digunakan dan sebagainya. Dan yang paling penting adalah siswa itu dapat mendeklamasikan puisi dengan intonasi yang baik, pengucapan yang jelas serta penghayatannya.

3.                  TAHAP PENILAIAN

Setelah tahap pengumpulan data dilakukan, maka selanjutnya adalah tahap penilaian. Dalam tahap ini terdapat juga dua langkah penting yaitu:

a.                   Pembuatan pertimbangan
Pembuatan pertimbangan merupakan langkah yang penting dalam proses penilaian. Tugas guru di sini, mampu mempertimbangkan siswa yang memiliki kemampuan terbaik. Pembuatan pertimbangan ini dilakukan dengan memperhatikan poin-poin penilaian dalam mendeklamasikan puisi.

b.                  Pengambilan keputusan
Berdasarkan pertimbangan yang telah dibuat sebelumnya, langkah terakhir adalah pengambilan keputusan terhadap hasil kemampuan siswa selama mengikuti seleksi. Guru memberikan keputusan berdasarkan penilaian yang telah ditentukan dan berhak memilih tiga orang siswa terbaik. Bagi siswa yang sudah terampil maka dialah yang dapat mewakili sekolah menjadi peserta lomba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar