Jumat, 11 Mei 2012

Tugas Evaluasi Pengajaran BI

Soal:
Seorang guru diberi tugas oleh kepala sekolah untuk memilih tiga orang siswa untuk mengikutinperlombaan baca puisi  antar siswa SMA sekabupaten .jelaskan dengan metode penilaian sebagai suatu proses.
 
                                                                                           Nama: Wahyuddin
                                                                                           Nim  : 105 33 5694 09
                                                                                          
Seorang guru diberi tugas oleh kepala sekolah untuk memilih tiga orang siswa yang terbaik untuk diikut sertakan dalam perlombaan baca puisi antarsiswa SMA sekabupaten. Langkah awal yang harus dilakukan olah seorang guru adalah:  Tahap persiapan: yaitu seorang guru mempertimbangkan rencana yang akan dibuat, yaitu mencari informasi atau memilih tiga orang siswa terbaik yang mempunyai kompoten dibidang pembacaan puisi. Dan mempunyai peluang besar untuk menang dalam perlombaan tersebut. Dengan gambaran informasi jelas akan mempermudah seorang guru untuk memilih teknik yang bagaimana yang akan dipergunakan dalam pengumpulan informasi. Yang dimaksud dengan pengumpulan informasi adalah mencari informasi kemampuan siswa yang sesuai untuk ikut dalam perlombaan tersebut. Dengan memenfaatkan informasi yang sudah ada atau yang telah diperoleh sebelumnya, sesuai dengan prinsip penilaian sebagai suatu proses. Di samping itu guru juga dapat merencanakan atau mempersiapkan bagaimana bentuk atau teknik tes yang akan digunakan dalam memperolah informasi, dan yang perlu dipertimbangkan adalah apakah teknik tes yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan. Setelah tahap persiapan, yang harus dilakukan seorang guru adalah tahap pengumpulan data, pengumpulan informasi untuk dijadikan sebagai data penilaian dapat dilakukan dengan beberapa teknik tertentu, yaitu berupa wawancara, observasi, atau langsung dengan tes pambacaan puisi sesuai dari situasi dan kondisi yang ada.
Setelah guru memperolah informasi atau data yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah guru menganalisis data yang sudah ada, kemudian hasil perolehan data tersebut dapat dipergunakan sebagai dasar pengambilan pertimbangan dan pengambilan keputusan. Seperti yang telah dipaparkan di atas, pertimbangan adalah penafsiran kondisi yang ada yang telah diperoleh dari tahap-tahap sebelumnya, yaitu tahap persiapan dan tahap pengumpulan data yang akan digunakan sebagai prediksi keadaan masa mendatang siswa yang mana yang berhak mengikuti perlombaan pembacaan puisi. Kemudian dengan pertimbangan ini maka seorang guru atau kepala sekolah dapat mengambil keputusan secara objektif, dengan memilih salah satu siswa yang dianggap terbaik. Pengampilan keputusan inilah langkah yang terpenting, dan langkah terakhir dari kegiatan penilaian ini adalah mengumumkan siswwa yang mana yang akan mewakili sekolah dalam perlombaan baca puisi antarsiswa SMA sekabupaten.



Nama   :           Haija S
Nim     :           10533571809

Cara guru yang dapat dilakukan untuk mendapatkan 3 siswa agar bisa mengikuti lomba pembacaan  puisi adalah :

1. Tahap Persiapan
Sebagai seorang guru, dalam tahap persiapan terlebih dahulu kita menyiapkan materi perlombaan yang akan kita ikuti, kemudian kita melukiskan secara rinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat nanti untuk mendapatkan siswa yang akan mengikuti lomba dengan mempersiapkan berbagai tes baik dalam segi pemberian soal-soal yang berkaitan dengan materi perlombaan yang akan diikuti ataupun pemberian tes naskah puisi yang langsung dibacakan oleh siswa.Termasuk juga guru dapat memanfaatkan informasi yang telah ada atau diperoleh sebelumnya mengenai catatan-catatan data penilaian tentang siswa yang dilakukan secara rutin dalam kegiatan pengajaran sehari-hari. Dan juga memberikan informasi kepada siswa waktu pelaksanaan kegiatan yang akan diadakan sehingga siswa dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.
2. Tahap Pengumpulan Data
Dalam tahap pengumpulan data, sebagai seorang guru terlebih dahulu kita melaksanakan pengukuran ataupun observasi di kelas agar mempermudah kita dalam mendapatkan informasi mengenai kemampuan siswa yang akan mengikuti lomba, kemudian data yang telah kita dapat  kita kumpulkan untuk dijadikan bahan acuan pertimbangan dan pengambilan keputusan pada langkah selanjutnya.

3.Tahap Penilaian
Pada tahap ini, kita melakukan penilain dengan mempertimbangkan siswa mana yang dapat mengikuti perlombaan dan mungkin mempunyai peluang untuk memenangkan lomba dengan melihat data-data atau inforamasi yang telah kita peroleh sebelumnya,kemudian memberikan keputusan  mengenai  tiga nama siswa yang pantas atau dapat mengikuti lomba tersebut. 


Nama   :           Puji Astuti
Nim     :           105 33 5704 09

Ada utusan dari pihak sekolah mencari 3 orang siswa untuk mengikkuti lomba baca puisi. Bagaimanakah cara guru mendapatkan 3 orang siswa tersebut?
Jawaban:
            Cara guru yang harus dilakukan untuk mendapatkan ke 3 siswa tersebut yaitu:
1.      Tahap persiapan
Sebelum lomba pembacaan puisi dilaksanakan, sebaiknya guru terlebih dahulu menyiapkan tes yang berbentuk naskah puisi yang akan dibacakan para siswa yang akan mengikuti lomba pembacaan puisi, agar mempermudah para guru mencari siswa yang benar-benar mampu membaca puisi.
2.      Tahap pengumpulan data
Setelah tahap persiapan dilaksanakan, tahap selanjutnya yang dilakukan oleh para guru yaitu mengumpulkan data-data atau informasi yang didapatkan oleh guru baik itu berupa pengukuran atau penilaian dan maupun dari observasi di kelas yang bersangkutan tentang kemampuan siswa yang akan mengikuti seleksi sebelum perlombaan diadakan. Apakah siswa tersebut benar-benar mampu membacakan puisi atau tidak? Kemudian data-data tersebut dicatat untuk bahan petimbangan dan pengambilan keputusan pada langkah selanjutnya.
3.      Tahap penilaian
Setelah kedua tahap tersebut dilaksanakan para guru harus melakukan penilaian setelah melihat para siswanya membacakan tes puisi yang sudah disiapkannya untuk mempertimbangkan dan mengambil keputusan dari banyaknya siswa yang mengikuti tes seleksi pembacaan puisi. Sehingga dengan penilaian dan pertimbangan teersebut guru bisa mendapatkan 3 siswa yang berhak mengikuti lomba pembacaan puisi.
  
Nama   :           Satriani
Nim     :           105 33 5693 09

Cara guru yang harus dilakukan untuk mendapatkan ke 3 siswa tersebut yaitu:
1.      Tahap persiapan
Sebelum lomba pembacaan puisi diadakan terlebih dahulu guru harus mempersiapkan puisi yang akan dibacakan oleh para siswa untuk mengikuti lomba tersebut.
2.      Tahap pengumpulan data
Setelah tahap persiapan dilaksanakan dan guru sudah dapat mengetahui para siswa yang masuk dalam kategori lulus dalam penilaian baca puisi. Maka data-data para siswa dikumpulkan untuk mempermudah mencari siswa yang memang pantas untuk mengikuti lomba tersebut.
3.      Tahap penilaian
Setelah tahap pengumpulan data selesai, maka tahap selanjutnya yaitu tahap penilaian yang dilakukan oleh para guru saat para siswa membacakan puisi agar guru dapat mengambil keputusan bahwa siswa inilah yang pantas untuk mengikuti lomba.

      
Nama   :           Martina
Nim     :           105 33 5690 09

Cara  guru yang harus dilakukan untuk mendapatkan ke 3 siswa tersebut yaitu:
1.      Tqhqp persiapan
Guru mengumpulkan atau mempersiapkan puisi untuk diuji cobakan kepada beberapa siswa untuk diseleksi ikut dalam lomba baca puisi, kemudian guru menetapkan kapan seleksi itu dilaksanakan.
2.      Pengumpulan data
Guru mengadakan wawancara kepada siswa yang akan ikut dalam seleksi. Kemudian guru mengumpulkan beberapa data dari siswa yang telah diwawancarai.
3.      Tahap penilaian
Setelah mengikuti seleksi guru dapat memilih 3 orang siswa terbaik untuk mengikuti lomba baca puisi dengan melihat data-data yang dikumpulkan.


Nama   :           Nurul Angraini
Nim     :           105 33 5719 09

Cara guru yang harus dilakukan untuk mendapatkan ke 3 siswa tersebut yaitu:
1.      Tahap informasi
Untuk mengumpulkan informasi  tentang kemampuan siswa, kita sebagai guru dapat melihat dari observasi dari di kelas yang bersangkutan tentang kemampuan para siswa yang akan mengikuti seleksi. Dapat pula kita lakukan cara lain yaitu terlebih dahulu guru mendengarkan para siswa untuk membacakan puisi agar guru mengetahui kemammpuan para siswa.
2.      Tahap pertimbangan
Setelah mendapat informasi tentang kemampuan para siswa, guru dapat mempertimbangkan dari hasil kemampuannya. Kemudian data-data atau informasi tersebut dicatat untuk bahan pertimbangan. Dengan adanya data-data itu  sehingga guru dapat mempertimbangkannya.
3.      Tahap penilaian
Setelah tahap keduanya selesai dilaksanakan barulah guru mampu melakukan penilaian untuk mengambil keputusan siswa mana yang layak ikut perlombaan. Dari tahap inilah sehingga guru menentukan 3 siswa yang akan mengikuti lomba baca puisi.



Nama : Winda Septiani
NIM : 10533571109

            Tugas guru yaitu memilih tiap orang siswa yang terbaik yang mempunyai peluang untuk menang dalam lomba membacakan puisi. Kemudian mencari informasi siswa berupa data-data yang akan digunakan sebagai dasar pembuatan pertimbangan dan mendapatkan informasi yang sesuai, yaitu berupa skor-skor pengukuran terhadap membaca puisi para siswa. Berdasarkan skor yang diproleh guru kemudian menafsirkan dan mempertimbangkan.
Dari skor-skor siswa tersebut yang diambil berbagai unsur penampilan dapat didapatkan kelompok skor yang tinggi kemudian memutuskan pilihan berdasarkan pada pertimbangan yang telah dibuat sebelumnya. Langkah terakhir kegiatan penilayan adalah mengumumkan atau melaporkan hasil penilayan.

Nama       : Amriani
NIM         : 105 33 5695 09
 
1.      Tahap persiapan
Sebelum perlombaan dilaksanakan seorang guru seharusnya memberikan materi atau mengajarkan kepada siswanya ,cara membaca  puisi dengan baik dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca puisi sehingga siswa tersebut memahaminya.Setelah itu  seorang guru melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu mengetes atu menguji kemampuan siswa dalam kegiatan membaca puisi di depan kelas .Dalam tes pembacaan puisi tersebut, seorang guru tidak hanya mengetes tiga orang siswa saja  akan tetapi seluruh siswa yang ada dalam kelas itu.disinilah guru harus mampu menilai dan menentukan tiga siswa terbaiknya untuk mengikuti perlombaan baca puisi antar siswa SMA sekabupaten,ketiga orang siswa tersebut dipertimbangkan  mempunyai peluang  yang lebih besar untuk menang dari pada kawan-kawannya yang lain ,yang memiliki nilai yang lebih rendah.
2.      Tahap pengumpulan data
Seorang guru harus mengumpulkan data-data atau informasi yang diperoleh dalam kegiatan penilaian membaca puisi di depan kelas.seperti halnya seorang guru mampu mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam berpuisi.tahap pengumpulan data ini sangat penting karena dipergunakan sebagai dasar pembuatan pertimbangan dan pengambilan keputusan.pengumpulan data pun harus tepat dan akurat  karena dengan data yang salah maka akan menyebabkan tidak tepatnya pertimbangan yang diberikan.
3.      Tahap  penilaian
Tahap ini adalah taksiran dengan kondisi yang sekarang  yang dipakai sebagai prediksi keadaan pada masa mendatang.dalam tahap ini seorang guru yang bertindak sebagai penilai haruslah lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan karena bukan cuma tiga orang siswa saja yang akan dinilai tetapi banyak.Dan perlu kita ketahui bahwa dalam pembacaan puisi bukan hanya cara membacanya yang dinilai tetapi juga mimik dan intonasi dalam berpuisi pun juga perlu.Meskipun penilaian ini dilakukan dalam waktu yang relatif singkat tetapi ini merupakan langkah yang sangat penting karena kegiatan penilaian terakhir yang akan mengumumkan menang atau tidak siswa yang mengikuti perlomabaan baca puisi antar tingkat SMA sekabupaten.


Nama    :  Minjun Ratna Sari
Nim      : 105 33 5686 09


1.                         Tahap Persiapan

      Tugas seorang guru untuk memilih tiap siswa terbaiknya untuk diikutsertakan dalam lomba deklamasi di atas, akan memudahkan dan memberi arah yang jelas dalam usaha mendapatkan informasi yang diperlukan. Penilaian yang dilakukan hendaknya juga memanfaatkan informasi yang telah diperoleh sebelumnya. Sesuai dengan prinsip penilaian dalam proses, tentunya guru mempunyai catatan-catatan data penilaian tentang siswa yang dilakukan secara rutin dalam kegiatan pengajaran sehari-hari. Informasi yang telah dimiliki itu dipergunakan bersama informasi yang diperoleh untuk membuat pertimbangan. Dan perencanaan tentang kapan kegiatan penilaian akan dilakukan kiranya perlu juga dilakukan atau diberitahukan kepada siswa agar mereka dapat mengadakan persiapan sebaik mungkin.

2.                       Tahap Pengumpulan Data

Pengumpulan informasi dalam kegiatan penilaian mungkin berupa perlaksanaan pengukuran di kelas, observasi, atau kegiatan lain yang dimaksud. Agar informasi yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan, pelaksanaan pengumpulannya harus dengan mempergunakan teknik-teknik tertentu yang sesuai dengan situasi dan kondisi.
 
Tahap Penilaian

Penilaian yang dimaksudkan adalah penilaian terhadap informasi yang dipeoleh. Berdasarkan hal itulah kemudian akan diambil langkah terpenting dalam kegiatan penilaian, yaitu pembuatan pertimbangan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Pembuatan Pertimbangan

Tiga orang siswa yang dipilih guru untuk mewakili sekolahnya dalam lomba deklamsi tingkat kabupaten pada contoh di atas, adalah yang disebabkan mereka dipertimbangkan mempunyai kemampuan di atas rata-rata kawannya – hal ini merupakan taksiran kondisi yang ada sekarang. Oleh kerena itu, ketiganya dipertimbangkan mempunyai peluang untuk memenangkan lomba tersebut – hal ini merupakan pertimbangan prediktif.

Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan inilah yang merupakan langkah terpenting walau mungkin hanya dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, pihak mengambil keputusan harus benar-benar bersikap hati-hati.
Langkah terakhir kegiatan penilaian ini adalah mengumumkan atau melaporkan hasil penilaian yang telah dilakukan kepada pihak yang membutuhkannya.

Nama : Irmawati latif
Nim    : 10533567409
Cara-cara yang dilakukan seorang guru untuk memperoleh tiga orang siswa yang akan diutus sebagai peserta lomba baca puisi, guru harus melalui beberapa tahap, yaitu:
·         Memilih setiap orang siswa yang terbaik yang mempunyai peluang untuk memenangkan perlombaan baca puisi antar sekolah. Dengan demikian informasi yang dibutuhkan sudah jelas, yaitu siswa mampu membaca puisi dengan baik
·   Tugas guru selanjutnya adalah mencari informasi yang sesuai yaitu berupa skor-skor pengukuran terhadap kemampuan siswa dalam membacakan puisi yang dibawakan.
·         Tahap selanjutnya adalah guru kemudian menafsirkan, mempertimbangkan dan kemudian memutuskan pilihan siapa yang berhak dan dianggap mampu mewakili sekolah dalam lomba baca puisi.
Dari ke tiga komponen inilah seorang guru dapat memperoleh tiga peserta yang mempunyai bakat dan dianggap mampu membacakan puisi dengan baik.

Nama : Indah Ayuning Febriana

Nim    : 1033570809
Tugas guru yang pertama adalah rencana pertimbangan yang akan dibuat  yaitu memilih tiap orang siswa yang terbaik yang mempunyai bakat untuk menang dalam lomba baca puisi dalam mewakili sekolah. Dengan demikian, informasi yang dibutuhkan telah jelas, yaitu kemampuan siswa untuk membaca puisi
Tugas guru selanjutnya adalah mencari dan mendapatkan informasi yang sesuai dengan pembacaan puisi para siswa, berdasarkan kemampuan yang mereka peroleh dalam membacakan sebuah puisi
Tugas guru yang terakhir dalam menyeleksi siswa yang berbakat dan mempunyai kenmampuan dalam membacakan puisi ialah guru yang menafsirkan,  mempertimbangan dan kemudian memutuskan pilihan mana yang terbaik dalam membacakan puisi dalam mewakili sekolah.
Dari ketiga tahap inilah guru dapat memperoleh tiga orang siswa yang berbakat dalam mengikuti lomba baca puisi antar sekolah. masih yang dibutuhkan telah jelas, yaitu kemampuan siswa untuk membacakan puisi.

Nama : Asriani

Nim    : 10533569109
Cara guru memperoleh tiga orang dalam proses penilian untuk mewakili sekiolah yang diutus dalam lomba  baca puisi adalah guru melakukan proses penilaian dalam tiga komponen yaitu: pembuatan atau rencana pertimbangan, pengumpulan informasi atau mendapatkan informasi dan menafsirkannya atau membuat keputusan.
v  Dimana seorang guru dalam merencanakan suatu pertimbangan yaitu dengan memilih setiap orang siswa yang terbaik dan mempunyai kemampuan atau peluang untuk menang dalam lomba baca puisi.
v  Selanjutnya tugas seorang guru ialah mencari dan mendapatkan informasi yang sesuai, yaitu berupa sko-skor pengukuran terhadap kemampuan membaca puisi para siswa.
v  Kemudian guru menafsirkan, mempertimbangkan dan memutuskan sesuai dengan skor-skor yang telah diperoleh, atas siswa yang berhak mengikuti lomba baca puisi yang mewakili sekolah.
Dari ketiga komponen inilah guru dapat memperoleh tiga orang siswa yang berhak ikut dalam lomba baca puisi antar sekolah.

Nama : Fitrah Candrayani
Nim   : 10533568209
 Cara guru untuk menentukan 3 siswa terbaik yang akan di utus mewakili sekolah, dalam lomba baca puisi sekabupaten yaitu : 

 Tahap persipan
Pada tahap ini seorang guru dapat bertukar pikiran atau merundingkan terlebih dahulu  dengan guru-guru lain yang ahli dalam bidang bahasa,sastra dan seni, langkah atau metode apa yang baik digunakan untuk dapat menilai siswa mana yang berhak atau pantas mengikuti lomba baca puisi agar dapat membawakan nama harum sekolah. Kemudian guru membuka perlombaan kecil d lingkup sekolah misalnya lomba baca puisi di kelas,  tetapi guru terlebih dahulu menjelaskan secara rinci pengertian atau apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembacaan puisi.

Tahap pengumpulan data

Tahap pengumpulan data langkah yang akan dilakukan yaitu memperoleh, atau mengumpulkan informsi dari masing-masing guru-guru yang telah mengajarkan dan menyeleksi siswa mana yang memiliki bakat dan minat, atau yang berkompotensi dalam bidang pembacaan puisi tersebut dari tes lomba di dalam kelas masing-masing.

Tahap penilaian
Pada tahap penilaian tes yang telah diberikan oleh guru,,, antar kelas, kemudian pemenangnya kembali di seleksi, dengan cara diadakannya lomba baca puisi antar kelas,, dari situlah kita dapat mempertimbangkan atau mengeliminasi, dan menilai 3 di antara yang terbaik dari sekian banyak siswa yang mengikuti lombah dilingkup sekolah tersebut. Dengan cara ini lah seorang guru dapat memilih 3 orang siswa yang akan mewakili sekolah untuk lomba pembacaan puisi sekabupaten.

Nama : Nuraeni
Nim   : 10533569209

Cara guru untuk mendapatkan 3orang siswa untuk ikut dalam lomba tersebut yaitu melalui                  tiga tahap antara lain :

Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan kepala sekolah dan guru mengadakan rapat terlebih dahulu untuk membicarakan jenis pertimbangan dan keputusan yang akan di ambil. Setelah itu barulah guru memberi informasi kepada siswa bahwa akan diadakan lomba. Selain akan memberikan tes-tes kepada siswa guru juga dapat menilai siswa dan kemampuannya dalam kegiatan belajar sehari-hari, in formasi seperti itu pula akan menjadi pertimbangan dalam pemilihan siswa yang akan di ikutkan dalam lomba tersebut. 

Tahap Pengumpulan Data
Tahap pengumpulan data lanhgkah yang akan dilakukan yaitu pengumpulan informasi.untuk mendapatkan informasi yang akurat seorang guru bisa melakukan kegiatan di kelas misalnya memberikan tes terhadap siswa, baik tes tertulis maupun tes lisan. Setelah tes dilakukan barulah guru dapat mengualistif sampai dimana kemampuan siswatersebut agar bisa terpilih dalam perlombaan itu.

Tahap Penilaian
Pada tahap penilaian tes yang telah diberikan oleh guru akan diseleksi dengan baik dan memilki 3 orang dapat mewakili sekolah tersebut dalam perlombaan dengan pertimbangan ketigasiswa tersebut lebih mempunyai kemampuan dalam bidang puisi dari pada teman-temannya yang lain.

Nama : Nurhayati

Nim    : 10533569909


Tahap persiapan
seorang guru terlebih dahulu mendiskusikan kepada guru-guru lain tentang bagaimana persiapan dalam memilih seorang siswa yang akan di utus. Dan terlebih dahulu para gurfu membuat pengumuman pendaftaran siapa-siapa yang ingin mengikuti perlombaan tersebut.

Tahap pengumpulan data
Seperti di jelaskan di atas bahwa setelah guru-guru mendiskusikan bagaimana cara sehingga kita bisa mengetahui siswa yang berkomputen dan guru terlebih dahulu menyeleksi siswa-siswi tersebut, supaya dapat dinilai atau diketahui siapa-siapa yang berhak mengikuti perlombaan.

Tahap penilaian
Setelah data terkumpul tibalah hasil penilaian terakhir, disini guru harus menilai siswa-siswi dari segi keseharian dan bakat yang dimiliki siswa sehingga guru lebih mudah mengetahui dan memilih siswa yang bisa di utus selain itu, seorang guru harus melihat keaktifan dan antusias seorang siswa dalam mengikuti lomba tersebut.

 
Nama : Fitriani
Nim     : 10533570109

Tahap persiapan
Seorang guru harus melihat tiap-tiap siswa yang berminat dan berkompeten dalam pelajaran bahasa kemudian siswa itulah yang dipilih kemudian di tes untuk membacakan puisi. Sesuai dengan prinsip penilaian dalam proses, tentunya guru mempunyai catatan-catatan data penilaian tentang siswa yang dilakukannya secara  rutin dalam kegiatan pengajaran sehari-hari. Kemudian perlu diberitahukan agar dapat mengadakan persiapan sebaik mungkin.

Tahap pengumpulan data
Dalam tahap pengumpulan data seorang guru melakukan kegiatan penilaian atau pelaksanaan pengukuran dikelas, observasi atau kegiatan-kegiatan lain seperti tes membaca puisi.  Apabila informasi atau data yang diperlukan sudah ada maka data itu kemudian dianalisis dan hasil pengolahan data itu dicatat untuk dipergunakan sebagai dasar pertimbangan keputrusan pada langkah berikutnya.

Tahap penilaian
Pada  penilaian ini seorang guru dapat menilai siswa dari informasi dan data-data yang diperoleh. Kemudian guru dapat membuat pertimbangan dan mengambil keputusan siswa mana yang dapat diikut sertakan dalam perlombaan baca puisi tingkat SMA sekabupaten.


Nama : Munira Bt. Bakri
Nim     : 10533572009

Sebelum guru memilih 3 orang siswa untuk mengikuti perlombaan baca puisi, pertama-tama guru melakukan langkah persiapan yang berupa kesiapan dan persiapan yang akan melakukan kegiatan penilaian, dalam hal ini guru harus melukiskan secara rinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat, kemudian pelukisan informasi yang diperlukan secara lebih jelas akan mempermudah untuk memperoleh informasi. Setelah mendapat informasi, manfaatkanlah informasi yang sudah ada.

Langkah yang kedua yaitu tahap pengumpulan data. Dalam tahap ini terdapatr dua langkah untuk memperoleh informasi yang diperlukan yaitu :
1.        Pengumpulan informasi yang diperlukan, pengukuran data-data yang ada dan pengumpulannya harus dengan mempergunakan teknik-teknik tertentu.
2.        Sesudah informasi atau data yang diperlukan dapat diperoleh, langkah selanjutnya adalah menganalisis data-data
.
Langkah ke 3 yaitu tahap penilaian, penilaian terhadap informasi yang diperoleh dan yang telah diolah. Pembuatan pertimbangan, siswa yang mempunyai peluang untuk mengikuti perlombaan, kemudian melaporkan hasil penilaian yang telah dilakukan. Laporan itu merupakan  hasil tes.

  
Nama : Ilham Zulhidayat Bursan
Nim     : 1053356509
Cara guru untuk mendapatkan tiga siswa dalam mengikuti perlombaan baca puisi tingkat SMA,  yaitu:

Tahap Persiapan
Seperti kegiatan pada umumya, sebelum melakukan kegiatan tersebut tentunya ada tahap persipan. Mengenai hal yang dimaksud, maka hal yang harus diperhatikan guru adalah merumuskan criteria yang harus dipenuhi siswa dalam proses penilian tersebut. Hal ini akan memnudahkan dalam penentuan criteria siswa yang iarapkan. Sealin itu, metode dan strategi harus jelas agar dapat memudahkan dalam proses pengumpulan data nantinya. Contoh, memalui metode wawancara, tes baca puisi secara langsung dan pendekatan emperisme.  Untuk memudahkan dalam proses penilaian nantinya, maka guru harus menetapkan standar nilai kelulusan sisw dalam seleksi, missal 70 % dinyatakan lulus dengan perhitugan yang jelas.

 Tahap Pengumpulan Data
Data-data diambil dari hasil pembacaan teks puisi mengenai kemampuan siswa membaca puisi meliputi criteria yag telah ditentukan. Selain itu, factor emperisme juga harus diperhatikan dengan melihat prestasi siswa yang telah mempunyai pengalaman dibidang baca psi tersebut. Selain itu observasi secara langsung kepada siswa mengenai mental dalam perlombaan sehingga dalam lomba nantinya rasa percaya diri siswa mudah dibangun.

Tahap Penilaian
Tahap penilaian ini dilakukan setelah tahap-tahap sebelumnya dilaksanakan.Dalam tahap penilaian,guru dapat mempertimbangkan dan mengambil keputusan yang terbaik bahwa diantara beberapa siswa yang telah mengikuti seleksi tersebut, hanya ada  tiga siswa yang betul-betul mampu dan memenuhi semua kriteria untuk di utus dalam mengikuti lomba pembacaan puisi. Bagi siswa yang dinyatakan memeroleh nilai diatas 70 maka dinyatakan lulus dalam seleksi tersebut.

 
 

                                                                                                                        Hasniati hasan
                                                                                                10533 5715 09
Kepala sekolah memberi tugas kepada seorang guru untuk memilih tiga orang siswa untuk mengikuti perlombaan baca puisi antarsiswa SMA sekabupaten. Hal pertama yang dilakukan oleh seorang guru adalah mempertimbangkan rencana apa yang akan dibuat untuk mendapatkan siswa yang akan mewakili sekolah. Hal tersebut meliputi pencarian dan pemilihan tiga orang siswa yang paling baik dan mempunyai kemempuan dalam pembacaan puisi dan berpeluang menjadi juara dalam pembacaan puisi tersebut. Hal ini dapat tercapai melalui tiga tahap, yaitu:
a)      Tahap persiapan
Tahap persiapan adalah seorang guru membuat pertimbangan rencana yang akan dibuat, meliputi pencarian dan pememilihan tiga orang siswa yang paling baik dalam pembacaan puisi dan berpeluang menjadi juara dalam perlombaan tersebut. Hal ini dapat tercapai dengan ilustrasi informasi yang jelas dan akan mempermudah seorang guru untuk memilih teknik yang paling tepat digunakan dalam pemerolehan dan pengumpul informasi.
b)      Tahap pengumpulan data
Setelah seorang guru mendapatkan dan mengumpulkan informasi, selanjutnya informasi ini akan dijadikan sebagai data penilaian, dalam penilaian ada beberapa teknik yang bisa dilakukan yaitu teknik wawancara, ovservasi atau tes langsung. Setelah guru mendapatkan informasi atau data yang diperlukan, tugas guru selanjutnya adalah melakukan analisis terhadap data yang telah dikumpulkan dan digunkan sebagai pertimbangan keputusan.
c)      Tahap penilaian
Melalui pertimbangan dari pengumpulan informasi dan data yapng ada, seorang guru akan melakukan tahap penilaian. Yaitu menilai siswa mana yang berhak menwakili sekolahnya dalam perlombaan baca puisi dengan objektif dari tahap persiapan dan tahap pengumpulan data, kemudian guru atau kepala sekolah memutuskan  dan mengumumkan bahwa siswa yang terpilih adalah si A.Demikianlah penjelasan dari penilaian sebagai suatu proses.


OLEH       : SRI HANDAYANI M
NIM          : 10533 5700 09
KELAS      : VI D
JURUSAN : PEND. BAHASA & SASTRA INDONESIA.

Tahap-tahap atau  atau langkah-langkah yang dapat dilakukan guru untuk mendapatkan tiga orang siswa yang cocok untuk ikut lomba adalah:

1.       Tahap Persiapan
§  Pelukisan secara terinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat.
§  Pelukisan informasi yang diperlukan
§  Pemanfaatan informasi yang sudah ada
§  Penentuan kapan dan bagaimana cara memperoleh informasi
§  Penyusunan atau pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan
2.       Tahap Pengumpulan Data
·      Pengumpulan informasi yang diperlukan
·      Analisis dan pencatatan informasi yang diperoleh
3.       Tahap Penilaian
o  Pembuatan pertimbangan
o  Pengambilan keputusan
Pada tahap persiapan  guru memberikan gambaran secara jelas mengenai pertimbangan dan keputusan yang akan  dibuat,dimana pertimbangannya merupakan gambaran terhadap kondisi yang ada pada saat sekarang dan prediksi penampilan pada masa mendatang. Disini guru memilih tiap orang siswa yang terbaik yang mempunyai peluang untuk menang dalam lomba tersebut, guru hendaknya menyampaikan perumusan tujuan penilaian,penetapan aspek-aspek yang akan dinilai dari pembacaan puisi, metode penilaian yang dipergunakan,kriteria , dan frekuensi pelaksanaan penilaian. kemudian guru melakukan tes pembacaan puisi pada tiap siswa tersebut, dengan adanya tes tersebut maka guru mendapatkan informasi siswa yang mampu ikut serta dalam lomba baca puisi.Selain itu guru juga dapat memanfaatkan informasi yang telah ada berupa data penilaian siswa yang dilakukan secara rutin dalam pengajaran sehari-hari atau skor-skor pengukururan kemampuan siswa membaca puisi, guru juga harus memberikan target kapan akan diadakan tes tersebut dan bagaimana prosedur  pelaksanaannya. dari tahap persiapan ini akhirnya guru mendapatkan berbagai informasi dari hasil tes-tes tersebut yang tentunya sangat diperlukan guru,setelah itu guru mengalisis data-data yang diperoleh, adapun teknik yang tepat dalam mengalisis data yaitu teknik statistik dan nonstatistik tergantung data yang diperoleh. Setelah data tersebut diolah kemudian guru hendaaknya mencatat hasilnya dipergunakan untuk pembuatan pertimbangan dan pengambilan keputusan.Tahap terakhir ialah tahap penilaian, tahap dimana untuk mengambil sebuah keputusan tentunya melihat pertimbangan-pertimbangan yang ada, guru harus benar-benar teliti dan objektif melihat hasil tahap-tahap sebelumnya stelah itu barulah diputuskan siswa mana yang berhak atau cocok mengikuti lomba baca puisi tersebut. pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan tidak harus orang yang membuat pertimbangan akan tetapi dapat pula orng yang sama, kepala sekolah.
Demikianlah jawaban tugas evaluasi pengajaran bahasa indonesia dari saya semoga jawaban ini sesuai dengan yang diharapkan, semoga bermanfaat bagi semua. fastabikul khaerat, assalamu alaikum wr.wb.




              Nama    : Hardianto Lukmana  
Nim        : 105335722 09
 1.      Penilaian sebagai satu proses terhdap pemilihan siswa 3 orang untuk mewakili kelasnya siswa harus mepersiapkan sesuai persyaratan guru

Persyaratan:
1. Peserta perorangan dengan menggunakan alat musik apa saja
2. Puisi yang dimusikalisasikan adalah puisi-puisi yang sudah pernah diterbitkan atau
      dipublikasikan oleh penulisnya
3. Peserta merekam musikalisasi puisinya dan diunggah ke Youtube.com. Durasi rekaman maksimal 15 menit
4. Copy-paste URL Youtube musikalisasi puisi ke akun Facebook dan Twitter peserta. .
5.Peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) video

2.      Pemanfaat informasi
Setelah melihat hasil semua yang mengikuti audisi, guru harus member arahan kepada peserta agar biasa memperbaikinya kedepan nanti walaupun yang tidk terpili tapi ada bekal dia peroleh
3.      Tahap penentun atau pengumpulan informasi
Setelah selesai audisi terhadap siswa guru harus benar-benar memilih siswa yang bisa mewakili kelasnya

       4.   Penyusunan dan pemilihan
guru harusmemberi puisi terhadap siswa apa yang cocok untu siswa yang ke tiga itu dan guru harus melatih denga sebaik-baiknya agar dia bisa juara 


Nama : Nasaruddin
Nim     :10533570309

Adapun cara-cara dalam melakukan penilaian untuk mencari  tiga orang siswa terbaik untuk mengikuti lomba baca puisi sebagai berikut:

1.       Tahap Persiapan
Tahap persiapan sangat penting dilakukan dalam memulai suatu kegiatan sebelum tahap selanjutnya atau tahap pengumpulan data, dalam tahap persiapan ada beberapa proses yang harus dilakukan yaitu:
 pertama adalah memberikan pelukisan secara terperinci dan keputusan yang akan dibuat, hal ini akan memudahkan dan memberi  arah yang jelas dalam usaha mendapatkan informasi yang diperlukan. Kedua adalah pelukisan informasi yang diperlukan, hal ini akan mempermudah pemilihan teknik yang akan dipergunakan untuk memperoleh informasi yang di inginkan. Ketiga adalah pemanfaatan informasi yang ada, maksudnya dalam penilaian yang dilakukan hendaknya juga memanfaatkan informasi yang telah diperoleh sebelumtanya dan informasi itu dipergunakan bersama informasi yang diperoleh untuk membuat pertimbangan. Keempat, penentuan kapan dan bagaimana cara memeroleh informasi. Dalam hal ini perencanaan tentang kapan kegiatan yang akan dilakukan kiranya perlu dilakukan atau diberitahukan kepada siswa agar mereka dapat mengadakan persiapan sebaik mungkin.Kelima Penyusunan atau pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan.

2.      Tahap Pengumpulan Data

Terdapat dua langkah yang ditempuh dalam tahap pengumpulan data yaitu:

a.   Pengumpulan informasi yang diperlukan
Sebelum proses penilaian dilakukan, guru perlu mengumpulkan informasi yang diperlukan sebelum perlombaan deklamasi puisi berlangsung. Pengumpulan informasi ini dapat diperoleh dari hasil kerja siswa dalam menciptakan sebuah karya puisi ataupun dalam mendeklamasikan puisi yang telah tersedia sebelumnya.

b.   Analisis dan pencatatan informasi yang diperoleh
Setelah mengumpulkan informasi, guru perlu menganalisis dan mencatat informasi yang diperoleh dari pemberian tugas tersebut. Dalam hal ini, diharapkan guru memberikan latihan-latihan menulis puisi kepada semua siswa tentunya dengan penggunaan diksi (pilihan kata), makna puisi, kata-kata kiasan yang digunakan dan sebagainya. Dan yang paling penting adalah siswa itu dapat mendeklamasikan puisi dengan intonasi yang baik, pengucapan yang jelas serta penghayatannya.

3.      Tahap Penilaian

a.       Pembuatan pertimbangan
Pertimbangan merupakan tafsiran kondisi yang ada sekarang dan dipakai masa mendatang, di mana siswa yang sudah terpilih yang akan mewakili sekolahnya dipilih dengan penuh pertimbangan, hanya siswa-siswa yang mempunyai kemampuan lebih dari teman-temannya yang lain yang dapat mengikuti perlombaan itu dan ketiga siswa tersebut dipertimbangkan mempunyai peluang memenangkan perlombaan tersebut.

b.      Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan berdasarkan dari data-data dan pertimbangan-pertimbangan yang telah dilakukan sebelumnya. Pencapaian hasil pertimbangan penilaian siswa yang memberikan hasil keputusan baik itu laporan yang berupa pengumuman hasil tes atau ujian pengisian rapor kepada siswa, laporan lembaga dan sebagainya, maka siswa itu bisa diberikan keputusan.

 

 
Nama : ismayuni saputri

Nim   : 10533 5679 09

*      Tahap persiapan
Dalam tahap ini seorang guru sebelum melakukan pemilihan.terlebih dahulu melakukan persiapan dengan mencari informasi,dan memberikan informasinkepada siswa informasi kepada peserta mengenai tes-tes apa yang akan di lakukan.
*      Tahap pengumpulan data
Dalam tahap pengumpulan data ini terdapat dua data yang di tempuh.yaitu memperoleh informasi yang diperlukan dan analisis dan pencatatan informasi.pengumpulan informasi dalam kegiatan itu sangat penting,dalam proses pembelajaran di kelas setiap hari hendaknya seorang guru melakukan penilaian juga.setelah informasi sudah diperoleh dan dikumpulkan,selanjutnya tugas seorang guru melakukan analisis data yang telah diperoleh untuk kegiatan lebih lanjut.
*      Tahap penilaian
Penilaian yang dimaksudkan adalah penilaian terhadap informasi yang diperoleh dan yang telah diolah diatas.dari beberapa peserta seorang guru hendaklah melalukan pertimbangan misalnya mengapa siswa tersebut dipilih.selanjutnya setelah melalui beberapa tahap penilaian dan melalui beberapa tes-tes maka tibalah saatnya seorang guru mengambil keputusan siapa yang layak untuk memiliki seolah dalam ajang pembacaan puisi


NAMA : WAHYULLAH SYAHRIR
NIM     :  10533 5677 09
KELAS :  VI D

JAWABAN :
Tahap Persiapan
Seorang guru harus memilih tiga orang siswa yang akan mengikuti lomba puisi yang diadakan oleh guru, dalm tahap persiapan ini dilakukan seleksi siapa yang benar-benar bisa mewakili sekolah dalam lomba baca puisi tersebut
Tahap Pengumpulan Data
Apabila seorang guru telah mendapatkan perwakilan siswa untuk mengikuti lomba puisi guru harus kembali mengumpulkan data siswa tersebut apakah seorang siswa itu memiliki kemampuan yang memang dapat diandalkan oleh guru dan gur juga harus melakukan analisis agar mudah dalam penafsirannya.
Tahap Penilaian
Guru harus melihat hasil belajar siswa dan informasi yang dibutuhkan untuk hasil belajar siswa tang diperoleh melalui kegiatan pengukuran dan dipergunakan untuk mempertimbangkan prestasi belajar bagi siswa.





Nama    : Hasriana Hasan
Nim        : 10533 5714 09
Kls          : VI.D
Tiga langkah yang dilakukan oleh seorang guru dalam pemilihan siswa terbaik untuk mengikuti lomba pembacaan puisi.
1.       Tahap Persiapan
a.       Pelukisan secara terinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat
Pelukisan yang dilakukan secara jelas tentang pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat oleh guru, yang mana seorang guru memmberikan gambaran terhadap siswa tentang perlombaan yang akan diadakan sehingga siswa yang terpilih itu dapat memberikan hasil yang baik.
b.      Pelukisan Informasi yang diperlukan
Pelukisan informasi yang diperlukan  secara jelas akan memperoleh informasi yang sesuai, yaitu dengan mengetes kemampuan siswa yang berkaitan dengan aspek pengetehuan, pemahaman atau penerapan saja.
c.       Pemanfaatan Informasi yang Sudah ada
Penilaian yang dilakukan hendaknya memanfaatkan informasi yang telah didapatkan oleh guru-guru tentang data atau kegiatan siswa yang dilakukan setiap hari dalam kegiatan belajar mengajar. Informasi itulah yang harus dipergunakan bersama informasi yang telah diperoleh untuk membuat  pertimbangan.
d.      Penentuan dan bagaimana cara memperoleh informasi
Setiap perencanaan kegiatan penilaian yang akan dilakukan perlu diberitahukan kepada siswa agar siswa tersebut dapat mempersiapkan dirinya sebaik mungkin, misalnya bentuk tes yang akan diberikan apakah bentuknya seperti lisan atau tertulis.
e.      Penyusunan / pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan
Memilih alat penilaian yang akan dipergunakan, apakah alat tersebut benar-benar dapat menjamin diperolehnya informasi yang diperlukan. Jika guru tidak mendapatkan alat penilaian tersebut maka dia harus menyusun sendiri instrumen tes yang akan dipergunakan dan menentukan bentuk instrumen yang bagaimana, apakah berupa tes, observasi, pemberian tugas atau bentuk yang lain, agar alat tersebut bisa dipertanggung jawabkan.
2.       Tahap Pengumpulan Data
a.       Pengumpulan informasi yang diperlukan
Pengumpulan informasi kegiatan penilaian dapat dilakukan dengan pengukuran, peninjauan serta pengawasan dalam kelas. Agar informasi yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan , serta pelaksanaan pengumpulannya harus menggunakan teknik-teknik tertentu  yang sesuai dengan situasi dan kondisi.
b.      Analisis dan pencatatan informasi yang diperoleh
Setelah informasi yang diperlukan telah didapat, langkah selanjutnya menganalisis atau mengolah data-data yang sudah diperoleh menjadi data-data yang akurat/lengkap, agar memudahkan penafsiran terhadapnya. Pengolahan data itu dilakukan dengan tekhnik tepat. Hasil pengolahan data itu dipergunakan sebagai pembuatan pertimbangan dan pengambilan keputusan pada langkah berikutnya.
3.       Tahap Penilaian
a.       Pembuatan pertimbangan
Pertimbangan merupakan tafsiran kondisi yang ada sekarang dan dipakai masa mendatang, di mana siswa yang sudah terpilih yang akan mewakili sekolahnya dipilih dengan penuh pertimbangan, hanya siswa-siswa yang mempunyai kemampuan lebih dari teman-temannya yang lain yang dapat mengikuti perlombaan itu dan ketiga siswa tersebut dipertimbangkan mempunyai peluang memenangkan perlombaan tersebut.
b.      Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan berdasarkan dari data-data dan pertimbangan-pertimbangan yang telah dilakukan sebelumnya. Pencapaian hasil pertimbangan penilaian siswa yang memberikan hasil keputusan baik itu laporan yang berupa pengumuman hasil tes atau ujian pengisian rapor kepada siswa, laporan lembaga dan sebagainya, maka siswa itu bisa diberikan keputusan.





Nama            : Muh. Saleh N        Nim  : 10533 5696 09            Kls : VI.D

Tahap-tahap yang dilakukan oleh seorang guru dalam pemilihan tiga orang  siswa terbaik untuk mengikuti lomba pembacaan puisi tingkat SMA.

1.       Tahap persiapan
a.       Pelukisan secara terinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat
Pelukisan atau perencanaan keputusan yang akan dibuat agar seorang guru bisa memberitahukan cara-cara yang akan dilakukan dalam perlombaan puisi tersebut agar siswa yang terpilih itu bisa memberikan hasil yang terbaik.
b.      Pelukisan informasi yang diperlukan gambaran informasi yang diperlukan secara jelas yang dapat mempermudah pemilihan tehnik yang akan digunakan untuk memperoleh informasi sesuai dengan aspek pengetahuan siswa
c.       Pemanfaatan informasi yang sudah ada
Penilaian harus memanfaatkan informasi yang ada sesuai dengan prinsip penilaian dalam proses belajar mengajar dan dengan data-data yang dimiliki oleh guru tentang siswa
d.      Penentuan kapan dan bagaimana  cara memperoleh informasi
Penentuan kapan dan bagaimana pemerolehan informasi itu dilaksanakan sebaiknya kita harus memberitahukan terlebih dahulu siswa tersebut agar mereka dapat melakukan persiap[an terlebih dahulu.
e.      Penyusunan / pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan
Memilih alat penilaian yang akan dipergunakan, apakah alat tersebut benar-benar dapat menjamin diperolehnya informasi yang diperlukan. Jika guru tidak mendapatkan alat penilaian tersebut maka dia harus menyusun sendiri instrumen tes yang akan dipergunakan dan menentukan bentuk instrumen yang bagaimana, apakah berupa tes, observasi, pemberian tugas atau bentuk yang lain, agar alat tersebut bisa dipertanggung jawabkan.

2.       Tahap pengumpulan data
a.       Pengumpulan informasi yang diperlukan
Pengumpulan informasi dalam kegiatan penilaian yang berupa pengumpulan data-data dalam kelas serta guru-guru agar informasi yang didapatkan dapat dipertanggung jawabkan dengan menggunakan tehnik-tehnik tertentu sesuai dengan situasi dan kondisi
b.      Analisis pencatatan informasi yang diperoleh
Menganalisis data yang telah didapatkan maksudnya disini adalah, data-data yang belum lengkap dianalisis menjadi data-data yang sempurna agar memudahkan penafsirannya, dengan menggunakan teknik tepat yaitu teknik statistik dan teknik non statistik tergantung data yang ada.
3.       Tahap Penilaian
a.   Pembuatan pertimbangan
Pertimbangan merupakan tafsiran kondisi yang ada sekarang dan dipakai masa mendatang, di mana siswa yang sudah terpilih yang akan mewakili sekolahnya dipilih dengan penuh pertimbangan, hanya siswa-siswa yang mempunyai kemampuan lebih dari teman-temannya yang lain yang dapat mengikuti perlombaan itu dan ketiga siswa tersebut dipertimbangkan mempunyai peluang memenangkan perlombaan tersebut.

b. Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan berdasarkan dari data-data dan pertimbangan-pertimbangan yang telah dilakukan sebelumnya. Pencapaian hasil pertimbangan penilaian siswa yang memberikan hasil keputusan baik itu laporan yang berupa pengumuman hasil tes atau ujian pengisian rapor kepada siswa, laporan lembaga dan sebagainya, maka siswa itu bisa diberikan keputusan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar