Minggu, 13 Mei 2012

Tugas 1 .:: EVALUASI PEMBELAJARAN BI ::.

NAMA            :        SUKARNI
NIM/KELAS  :        10533 5678 09/VI D
NO. URUT     :        07

SOAL
Seorang  guru mendapat tugas  mencari 3 siswa untuk mengikuti lomba baca puisi tingkat SMA. Bagaimana cara seorang guru mendapatkan  3 siswa tersebut sesuai dengan  langkah-langkah penilaian ?

JAWABAN
Cara guru  untuk mendapatkan  3 siswa untuk mengikuti lomba baca puisi tersebut dapat dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu :

1.            Tahap persiapan

a.             Persiapan secara terinci jenis pertimbangan dan keputusan yang akan dibuat.
Pada tahap ini guru membuat suatu pertimbangan terhadap siswa yang akan dia pilih dengan memilih siswa terbaiknya untuk diikutsertakan dalam lomba baca puisi tersebut serta membuat keputusan yang pasti sesuai dengan pertimbangannya terhadap siswa yang dipilihnya dengan memberikan informasi kepada siswa tentang adanya perlombaan yang akan dilaksanakan, hal ini dapat  memberikan peluang bagi siswa yang berminat dalam perlombaan tersebut. Sehingga dapat memudahkan seorang guru (pengajar) untuk mendapatkan informasi tentang siswa terbaiknya itu untuk ikut serta dalam lomba baca puisi tersebut.


b.            Pelukisan informasi yang diperlukan.
Guru yang telah melakukan pertimbangan dan keputusan dapat dengan mudah memprakirakan teknik apa yang dapat ia gunakan untuk memperoleh informasi yang ia perlukan. Dalam hal ini, jika guru ingin mengetes kemampuan siswa yang berkaitan dengan aspek pengetahuan, pemahaman, atau penerapan, kiranya guru dapat memberikan tes bentuk pilihan ganda. Lain halnya jika guru akan melakukan tes kemampuan psikomotor, maka tes yang dilakukan adalah tes praktek (perbuatan) yang berkaitan dengan lomba yang akan diikuti oleh siswa (untuk mendapatkan informasi yang sesuai).

c.             Pemanfaatan informasi yang sudah ada.
Penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap siswa hendaknya memanfaatkan informasi yang guru dapatkan atau peroleh sebelumnya. Berkaitan dengan hal ini, hendaknya guru telah mempunyai catatan-catatan data penilaian tentang siswa yang telah melakukan suatu kegiatan yang diberikan guru dalam pengajaran.  Sehingga guru dapat dengan mudah membuat suatu penilaian yang sesuai dengan data yang ada.

d.            Penentuan kapan dan bagaimana cara memperoleh informasi.
Suatu kegiatan penilaian yang akan dilakukan hendaknya diberitahukan kepada siswa yang akan mengikuti penilaian tersebut, begitu pula dengan cara penilaian. Dua hal ini hendaknya diinformasikan kepada siswa agar mereka dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum menghadapi penilaian lomba tersebut. Tak lupa pula bentuk dan teknik penilaian yang akan digunakan juga dipertimbangkan sebelumnya dan diberitahukan kepada siswa.

e.             Penyusunan atau pemilihan alat penilaian yang akan dipergunakan.
Setelah menentukan bentuk dan teknik yang akan digunakan maka guru hendaknya menyediakan alat tes yang akan dipergunakan. Jika alat tes tersebut sudah ada, guru tinggal mempergunakannya. Yang harus diperhatikan oleh guru adalah alat tes itu berupa tes, observasi, pemberian tugas, atau bentuk yang lainnya. Sesuai dengan penilaian terhadap siswa yang akan mengikuti lomba baca puisi maka alat tes yang dipergunakan berupa tes praktek, sehingga guru benar-benar dapat memperoleh informasi yang diperlukan.

2.            Tahap pengumpulan data
a.             Pengumpulan informasi yang diperlukan.
Informasi yang dapat diperoleh guru dapat berupa pelaksanaan pengukuran di kelas ataupun dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh siswa selama proses pengajaran yang dihasilkan dari tes-tes ataupun praktek dari kemampuan siswa. Pengumpulan informasi dapat dilakukan dengan teknik-teknik tertentu sehingga pengumpilan informasi tersebut teratur dan dapat dipertanggungjawabkan.

b.            Analisis dan pencacatan informasi yang diperoleh.
Setelah mendapatkan informasi yang diperlukan, maka langkah selanjutnya guru melakukan analisis terhadap informasi yang diperolehnya itu. Analisis tersebut dilakukan dari data yang belum utuh menjadi data yang dapat terlihat sempurna untuk melakukan penafsiran terhadap informasi tersebut dengan menggunakan teknik-teknik yang sesuai dengan informasi yang akan dianalisis. Teknik yang dapat digunakan yaitu, teknik statistik dan nonstatistik (bergantung data yang ada).

3.            Tahap penilaian

a.             Pembuatan pertimbangan.
Pertimbangan yang dilakukan pada tahap ini lebih kepada tujuan dilakukannya pertimbangan tersebut. Pertimbangan dilakukan berdasarkan dari data atau informasi serta analisis yang telah dilakukan terhadap kemampuan siswa yang terpilih untuk mengikuti lomba baca puisi yang akan dilombakan. Setiap pertimbangan itu dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Siswa yang dipilih dan dipertimbangkan pun memang adalah siswa yang memilki kemampuan di atas rata-rata dari teman-temannya. Maka ketiga siswa ini dapat dipertimbangkan mempunyai kemampuan untuk memenangkan  lomba tersebut. Dengan kata lain pembuatan pertimbangan ini memiliki tujuan untuk memperoleh siswa yang memiliki potensi yang baik untuk mengikuti lomba baca puisi.

b.            Pengambilan keputusan.
Langkah ini merupakan langkah yang paling penting meskipun waktu yang digunakan relatif lebih singkat. Pada  tahap inilah guru  akan menentukan dan mengumumkan hasil penilaian yang telah dilakukan kepada 3 siswa yang akan mengikuti lomba. Penentuan pengambilan keputusan penilaian berdasar dari pertimbangan-pertimbangan yang telah dibuat sebelumnya. Inilah hasil akhir yang harus dilakukan oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuannya untuk menyelesaikan tugasnya dan mendapatkan 3 siswa yang memiliki kemampuan atau potensi yang dapat diandalkan untuk mewakili sekolahnya dalam lomba baca puisi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar