Minggu, 13 Mei 2012

Tugas Evaluasi Pengajaran BI

Nama  : Erniati
NIM   : 10533567209


Soal :
Ada keputusan dari sekolah, mencari tiga orang siswa untuk mengikuti lomba baca puisi. Bagaimana cara guru mendapatkan tiga siswa tersebut ?

Penyelesaian :
Cara yang harus ditempuh oleh seorang guru untuk mendapatkan tiga orang siswa yang akan diikutsertakan dalam lomba baca puisi ada tiga tahap, yaitu ;
1. Tahap Persiapan
    Guru yang sudah memperoleh informasi tentang perlombaan membaca puisi kemudian memanfaatkan informasi tentang siswa yang sudah diperolehnya melalui kegiatan pengajaran sehari-hari selama ini. Informasi inilah yang digunakan oleh guru dalam membuat pertimbangan penilain. Hal yang perlu dilakukan guru selanjutnya adalah memberitahukan kepada siswa bentuk penilain dan kapan kegiatan penilain tersebut akan dilakukan, agar siswa dapat mengadakan persiapan dengan baik. Alat penilaian yang akan dipergunakan dalam hal ini adalah sebuah puisi yang telah disiapkan oleh guru terlebih dahulu.
2. Tahap Pengumpulan Data
    Data yang diperoleh dalam kegiatan pengukuran yang dilaksanakan kemudian dianalisis. Hasil analisis data itu kemudian dicatat untuk dipergunakan sebagai dasar pengambilan keputusan pada langkah berikutnya.
3. Tahap Penilaian
     Setelah memerhatikan pencatatan hasil analisis, guru dapat membuat pertimbangan tentang tiga siswa yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata sehingga diprediksi mempunyai peluang untuk memenangkan lomba tersebut. Pertimbangan inilah yang melatarbelakangi keputusan guru untuk memilih tiga siswa tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar