Minggu, 13 Mei 2012


                NAMA :  ABD. JALIL
            NIM    :  10533 5684 09
            KELAS :  VI.D

                SOAL :
Ada keputusan dari pihak sekolah untuk mencari tiga orang siswa untuk mengikuti lomba baca puisi. Bagaimanakah  proses seorang guru mendapatkan ketiga  siswa tersebut ?

            Jawaban :
Agar guru bisa menentukan tiga siswa untuk mengikuti lomba baca  puisi terlebih dahulu para guru menyeleksi dahulu seluruh siswa yang ada di sekolah tersebut dengan mengambil tiga siswa yang betul-betul sudah memenuhi kriteria  yang sudah ditentukan untuk mengikuti lomba puisi tersebut.
Sebelum itu agar guru bisa menentukan tiga siswa yang akan mengikuti lomba baca puisi telebih dahulu ada tiga tahap yang perlu diperhatikan yaitu tahap persiapan, tahap pengumpulan data, dan tahap penilaian.
 1.Tahap persiapan
Tahap persiapan ini berisi kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan sebelum pelaksanaa pengumpulan data .Hal yang pertama dilakukan oleh seorang guru adalah mengumpulkan informasi tentang siswa yang dianggap bisa membaca puisi dengan baik dan mempunyai peluang untuk menang. Pengumpulan informasi dilakukan dengan melihat data-data dari tiap siswa dalam setiap kelas, data yang dimaksud adalah data prestasi yang dicapai, latar belakang siswa, proses dan psikis siswa tersebut, atau para guru menyeleksi langsung dengan mengadakan kompetisi di sekolah sebelum mengikuti lomba. Pengumpulan informasi ini harus dilakukan sebaik mungkin karena apabila informasi yang didapatkan salah maka akan berpengaruh terhadap pertimbangan  yang akan dilaksanakan untuk selanjutnya. Setelah pengumpulan informasi guru melakukan penafsiran untuk membuat pertimbangan yang tepat dari hasil informasi yang didapatkan untuk  mengambil keputusan siapa yang akan terpilih. Para guru harusnya tidak boleh  bersifat objektif atau bahkan bersifat diskriminatif tehadap siswa untuk mengikuti lomba tesebut. Siswa yang dipilih adalah siswa yang benar-benar memenuhi kriteria yang sudah di tentukan.
 2.Tahap pengumpulan data
Setelah informasi atau data yang diperlukan dapat diperoleh, langkah selanjutnya adalah menganalisis data untuk mempermudah penafsiran terhadap data yang telah diperoleh dengan menggunakan teknik tepat, tergantung data yang didapat. Hasil pengolahan data dicatat untuk dipergunakan sebagai dasar pembuatan pertimbangan keputusan dan pengambilan keputusan pada langkah berikutnya.

 3.Tahap penilaian
Penilaian yang dimaksudkan adalah penilaian terhadap informasi yang diperoleh dan telah diolah. Dalam tahap penilaian terbagi menjadi dua yaitu:
1).Pembuatan pertimbangan
Pertimbangan merupakan taksiran kondisi yang ada yang dipakai sebagai prediksi keadaan pada masa mendatang. Pertimbangan dilakukan untuk mengetahui siapa dari tiga orang siswa tersebut  yang akan ikut perlombaan itu.
 2).Pengambilan keputusan
Langkah pengambilan keputusan berdasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang telah dibuat sebelumnya. Pengambilan keputusan merupakan langkah terpenting karena pengambil keputusan harus benar-benar bersikap hati-hati.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar