Minggu, 24 Juni 2012

SILABUS PEMBELAJARAN


NAMA   :  AMALIAH
NIM       :  105335698 09
KELAS :  VI D/ BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                       : 
Mata pelajaran          :  Bahasa Indonesia
Kelas                           :  VII
Standar kompetensi :  Mendengarkan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Mengiden­tifika-si unsur intrinsik teks drama




Pengidentifikasian unsur intrinsik teks drama
o Membaca teks drama, kemudian mendiskusikan  unsur-unsur in­strin­sik teks drama
o Menganisis  unsur-unsur intrinsik teks drama melalui diskusi
Mendiskusikan keterkaitan antar­unsur intrinsik agar bisa menemu­kan makna secara utuh
·  Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama
·  Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrin­siknya
·  Menganalisis keterkaitan antar­unsur intrinsik dalam teks drama

Tes tulis

Tes tulis


Tes unjuk kerja
Tes
Uraian
Tes Uraian


Uji petik kerja produk
§ Apakah tema teks drama yang te­lah kamu baca?
§ Tentukan dua intrinsik  teks drama disertai dengan contoh!

§ Tentukan  sebuah makna dengan cara mengaitkan  minimal dua un­sur intrinsik!

4 X 40’
Buku teks
Buku referensi
7.2 Membuat sinopsis no­vel remaja Indonesia


\, minto. Unt
Pembuatan sinopsis novel
§  Mendiskusikan cara menentukan kerangka cerita dalam novel
§  Menentukan kerangka novel
§  Menulis sinopsis novel
·  Mampu menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca
·  Mampu menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka si­nopsis
Penugasan


Tugas proyek

§ Bacalah sebuah novel remaja Indonesia kemudian buatlah kerangka sinopsis dan sinopsis ceritanya!
4 X 40’
Novel remaja Indonesia

 













Materi :
Sayang Ada Orang Lain
Karya : Utuy Tatang Sontani
Dirumah Suminto yang sempit dan sederhana. Suasana sepi. Tiba-tiba datang seorang laki-laki mencari Suminto.
Hamid : minto….minto! Kau masih tidur disiang hari begini? ( SUMINI ISTRI SUMINTO MUNCUL DENGAN PAKAIAN YANG BAGUS ) suminto ada?
Sumini : ada. mas… ini ada pak Hamid! ( MINTO MUNCUL DENGAN KAOS OBLONG DAN SARUNG )
Hamid : lho anech..! istrinya perlente, suaminya kayak gembel.
Suminto : dia mau pergi, ada urusan.
Hamid : dan kau, tunggu di rumah? Mengapa tidak berduaan saja sambil rekreasi. Inikah hari minggu?
Suminto : hari minggu malah lebih memusingkan. Uang tak ada, malas mau pergi. Diam di rumah, banyak yang nagih hutang.
Hamid : engkau selalu pesimis, mint. Untung istrimu tidak.
Sumini : perempuan jangan di samakan dengan laki-laki, pak Hamid. Silahkan duduk pak hamid, saya mau pergi dulu, ada urusan (MENDEKATI MINTO LALU    MENCIUM TANGAN BERPAMITAN) saya pergi dulu, mas! (MINI PERGI KELUAR)
Hamid : minto, beruntung sekali kamu memiliki isrti seperti dia. Tapi anehnya, engkau selalu kelihatan lesuh.
Siminto : bagaimana tidak lesuh, gaji pegawai rendah seperti saya ini sangat tidak seimbang dengan harga-harga di pasar. Gaji yang saya terimah sekarang cuman bisa hidip untuk sepuluh hari saja, yang duapuluh hari mesti harus di tutup dengan hutang, kalau perlu menjual barang yang layak dijual. kian lama utang ini bukan kian sedikit, pak hamid, tapi makin menggunung. Aku bekerja bukan hanya untuk aku dan istriku, atau biaya sekolah seorang anakku. tapi, semata-mata untuk mereka yang menghutangkankepada istriku.
Hamid : aku sudah beberapa kali menganjurkan supaya berubah cara berpikirmu. Kamu harus melihat realitas berpikir yang dialektik. Mestinya kau tidak perlu pesimis dengan gajimu yang tidak cukup. dengan gaji yang tidak cukup itu.
Tujuan Pembelajaran :
1. peserta didik dapat menentukan unsur-unsur intrinsic teks drama
2. pesrta didik dapat menganalisis unsur-unsur intrinsic teks drama
 SOAL
1. Bacalah secara cermat dan tentukan tema dan tokoh dari teks drama di atas!
2. Tentukan unsur-unsur intrinsic yang ada dalam teks drama di atas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar