NAMA : AMALIAH
NIM :
105335698 09
KELAS : VI D/ BAHASA DAN SASTRA
INDONESIA
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VII
Standar kompetensi :
Mendengarkan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Mengidentifika-si
unsur intrinsik teks drama
|
Pengidentifikasian unsur intrinsik teks drama
|
o Membaca teks drama,
kemudian mendiskusikan unsur-unsur instrinsik
teks drama
o Menganisis unsur-unsur intrinsik teks drama melalui
diskusi
Mendiskusikan keterkaitan antarunsur
intrinsik agar bisa menemukan makna secara utuh
|
· Mampu menentukan
unsur-unsur intrinsik teks drama
· Mampu menganalisis teks
drama berdasarkan unsur-unsur intrinsiknya
· Menganalisis
keterkaitan antarunsur intrinsik dalam teks drama
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes
Uraian
Tes Uraian
Uji petik kerja produk
|
§ Apakah tema teks drama
yang telah kamu baca?
§ Tentukan dua
intrinsik teks drama disertai dengan
contoh!
§ Tentukan sebuah makna dengan cara mengaitkan minimal dua unsur intrinsik!
|
4 X 40’
|
Buku teks
Buku referensi
|
7.2 Membuat
sinopsis novel remaja Indonesia
\, minto. Unt
|
Pembuatan sinopsis novel
|
§ Mendiskusikan cara
menentukan kerangka cerita dalam novel
§ Menentukan kerangka
novel
§ Menulis sinopsis novel
|
· Mampu menganalisis
kerangka novel remaja yang dibaca
· Mampu menyusun sinopsis
cerita novel berdasarkan kerangka sinopsis
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§ Bacalah sebuah novel
remaja Indonesia kemudian buatlah kerangka sinopsis dan sinopsis ceritanya!
|
4 X 40’
|
Novel remaja Indonesia
|
Materi :
Sayang Ada Orang Lain
Karya : Utuy Tatang Sontani
Dirumah Suminto yang sempit dan sederhana. Suasana sepi. Tiba-tiba datang
seorang laki-laki mencari Suminto.
Hamid : minto….minto! Kau masih tidur disiang hari begini? ( SUMINI ISTRI
SUMINTO MUNCUL DENGAN PAKAIAN YANG BAGUS ) suminto ada?
Sumini : ada. mas… ini ada pak Hamid! ( MINTO MUNCUL DENGAN KAOS OBLONG
DAN SARUNG )
Hamid : lho anech..! istrinya perlente, suaminya kayak gembel.
Suminto : dia mau pergi, ada urusan.
Hamid : dan kau, tunggu di rumah? Mengapa tidak berduaan saja sambil
rekreasi. Inikah hari minggu?
Suminto : hari minggu malah lebih memusingkan. Uang tak ada, malas mau pergi.
Diam di rumah, banyak yang nagih hutang.
Hamid : engkau selalu pesimis, mint. Untung istrimu tidak.
Sumini : perempuan jangan di samakan dengan laki-laki, pak Hamid.
Silahkan duduk pak hamid, saya mau pergi dulu, ada urusan (MENDEKATI MINTO LALU
MENCIUM TANGAN BERPAMITAN) saya pergi
dulu, mas! (MINI PERGI KELUAR)
Hamid : minto, beruntung sekali kamu memiliki isrti seperti dia. Tapi
anehnya, engkau selalu kelihatan lesuh.
Siminto : bagaimana tidak lesuh, gaji pegawai rendah seperti saya ini
sangat tidak seimbang dengan harga-harga di pasar. Gaji yang saya terimah
sekarang cuman bisa hidip untuk sepuluh hari saja, yang duapuluh hari mesti
harus di tutup dengan hutang, kalau perlu menjual barang yang layak dijual.
kian lama utang ini bukan kian sedikit, pak hamid, tapi makin menggunung. Aku
bekerja bukan hanya untuk aku dan istriku, atau biaya sekolah seorang anakku.
tapi, semata-mata untuk mereka yang menghutangkankepada istriku.
Hamid : aku sudah beberapa kali menganjurkan supaya berubah cara
berpikirmu. Kamu harus melihat realitas berpikir yang dialektik. Mestinya kau
tidak perlu pesimis dengan gajimu yang tidak cukup. dengan gaji yang tidak
cukup itu.
Tujuan Pembelajaran :
1. peserta didik dapat menentukan unsur-unsur intrinsic teks drama
2. pesrta didik dapat menganalisis unsur-unsur intrinsic teks drama
SOAL
1. Bacalah secara cermat dan tentukan tema dan tokoh dari teks drama di
atas!
2. Tentukan unsur-unsur intrinsic yang ada dalam teks drama di atas!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar