Senin, 25 Juni 2012

tugas Evaluasi pembelajaran satriani


Tugas individu

                          
      

                                                                                          Nama    : Satriani
                                                                                                           Nim       : 10533 5693 09
                                                                                                           Kls         : VI. D
Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadyah Makassar
Tahun Ajaran
2011-2012

Silabus



Sekolah                                                   : SMP YAPIP MAKASSAR SUNGGUMINASA
Mata Pelajaran                                        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                                       : VIII/1
Standar Kompetensi                                : Mendengarkan
1.        Memahami wacana  lisan berbentuk laporan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1                 
Meng­­­ana­lisis laporan

 Penganalisisan laporan perjalanan
o Mendengarkan laporan
o Menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat  singkat
o Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
o Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan

·   Mampu menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
·   Mampu menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.

Tes lisan


Tes tulis

Dafttar pertanyaan

Tes uraian

§ Tulislah enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!

§ Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!

4 X 40’
Narasumber (Siswa)

1.2                 
Me­nang­gapi isi laporan


Cara menanggapi laporan perjalanan dan implementasi- nya

o Mendengarkan laporan perjalan­an
o Menuliskan pokok-pokok isi laporan perjalanan dengan kalimat singkat


o Memberikan tanggapan, kritik, saran terhadap laporan perjalan­an

·   Mampu menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau pendapat


·   Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman


Observasi



Observasi

Lembar observasi


Lembar observasi

§  Tanggapilah isi laporan perjalanan yang dibacakan!


§  Berilah tanggapan, kritik, ataupun saran ataslaporan perjalanan yang dibacakan!

2 X 40’

Narasumber
(siswa)

 


A. Menyampaikan Laporan Secara Lisan
       Sebagaimana telah dikemukakan pada pembelajaran sebelumnya, laporan merupakan tulisan mengenai rangkaian tulisan dalam suatu kegiatan yang disusun menurut urutan ruang dan waktu. Laporan yang baik akan membantu pembacara membayangkan kejadian yang dicerita tersebut. Bahasa yang digunakan bersifat komunikatif untuk mempermudah pemahaman terhadap isi laporan.

       Bacalah contoh laporan berikut dengan cermat dan teliti:

Baulevard UGM Hingga Depan Vredeburg, Admosfer Kaum Muda Jogja
       Mengunjungi Jogjakarta tentu tidak akan lengkap apabila tidak mejamahi ruang public selama bertahun-tahun dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul dan menjalin keakraban.ditempat itu, anda dapat menikmati beragam aktivitas yang digelar warga kota, menikmati kesenian jalan yang ada disana, hingga menyantap beragam hidangan khas. Salah satu tempat yang menarik dikunjungi adalah UGM ( Universitas Gadjah Mada) yang terletak dibagian depan universitas tersebut. Selama puluhan tahun, tempat ini telah djadikan tempat menggelar kegiatan anak mudah, kesenian dan olah raga. Dari pada hingga malam, tempat ini senantiasa berdenyut, tapi dengan tawaran yang berbeda. Begitupula setiap harinya, mulai senin hingga minggu.
       Saat petang adalah waktu yang tepat untuk mengunjunginya. Biasanya, banyak anak mudah yang menggunakan tempat ini menggelar kegiatan breakdance hingga skate komunitas bikes BMX dan komunitas berbagai jenis motor pun sering menggunakan tempat ini untuk berkumpul. Sambil menonton kegiatan mereka, anda dapat menikmati berbagai jenis jajanan yang ditawarkan. Anda dapat berkreasi sambil membugarkan raga ditempat ini. Biasanya, setiap minggu pagi Baulevard UGM dimanfaatkan untu jogging, bersepeda sanati dan berbagai ragam olahraga lainya.usai berekreasi kebugaran itu, anda data menikmati hidangan menarik yang dijajankan, seperti bubur ayam, nasi liwet solo, lontong opor dan berbagai minuman lainya.
       Ruang public lain yang cukup menarik untuk menikmati suasana sore adalah kawasan depan benteng vredeburg. Anda dapat menikmati kegiatan para musisi jalanan yang bisa duduk di bangku-bangku yang berada disana.diwaktu waktu tertentu, anda juga dapat menggelar pegelaran seni yang depentaskan di hall  monument serangan 1 Maret, persis didepan bangku-bangku dikawasan itu. Santapan sate kare yang dijajankan wanita-wanita Madura pun pantas untuk dicoba.dengan 2000,00 saja, anda dapat menikmati hangatya soto ayam dan lontong yang disajikan dalam pincuk ( piring-piringan yang terbuat dari daun pisang ). Apabila ingin membeli souvenir, anda dapat berjalan sedikit keutara, disana anda dapan menemukan pandangan kaki lima yang menjajankan kaos, gelang, kalung dan souvenir lainya. Dari kawasan itupula, anda dapat melihat dua bagunan bersejarah. Apabil menatap kedepan anda dapat  melihat gedung agung. Gedung agung ini sempat dijadikan istana presiden saat ibu kota dipindahkan sementara kejogjakarta pada tahun1949. Adapun kawasan disebelah kanan tersebut terdapat bagunan tua jaman belanda. bangunan tua tersebut kini dimanfaatkan sebagai kantor pos.
       Nuansa serupa dapat dijumpai jika berjalan ketimur dari kawasan benteng vredeburg, tepatnya diwilayah shopping. Disana, anda dapat duduk santai menikmati suasana malam yang dihiasi lampu-lampu kota. Sementara, dari siang hingga sorenya, anda dapat menjajakan suasana pasar buku shopping yang telah lama dikenal kelengkapanya. Disaat-saat tertentu, sebuah galeri seni yang terdapat tidak jauh dari situ menjadi tempat untuk menikmati karya seniman Jogjakarta.

       Sebuah laporan dapat disampaikan secara lisan. Berdasarkan laporan tertulis, kalian dapat menyampaikan laporan tersebut secara lisan. Dalam menyampaikan laporan secara lisan, perlu memperhatikan hal-hal tersebut.
1.        Memahami benar isi laporan secara utuh, lengkap, rinci sebelum menyampaikan.
2.        Menyampaikan loporan secara runtut atau kronologis, mulai dari awal hingga akhir.
3.        Menjelaskan isi laporan berkaitan dengan pokok-pokok, penting atau inti dari laporan secara terperinci dengan jelas.
4.        Menggunakan bahasa yang komunikatif, efektif, dan lugas.
5.        Menggunakan lafal atau artikulasi yang jelas serta intonasi yang tepat.











Evaluasi
1.        Tuliskan enam pokok laporan dari laporan yag kamu dengar.
       Jawab: 1. Mengunjungi Jogjakarta kita dapat menikmati beragam aktifitas yang digelar warga kota.
2.    Salah satu tempat yang menarik dikunjungi dijogjakarta adalah      Boulevard Universitas Gadja mada (UGM)
3.    Saat petang adalah waktu yang tepat untukmengujungi boulevard
4.    Selain Boulevard, Vredeburg juga merupakan kawasan yang cukup menarik untuk dikunjungi      
5.    Disana juga terdapat gedung Agung yang sempat dijadikan istana presiden
6.    Terdapat pasar (pasar buku)

2.    Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!
       Jawab:
            Salah satu tempat yang menarik dikunjungi adalah UGM ( Universitas Gajah Mada) yang terletak dibagian depanuniversitas tersebut. Selama puluhan tahun, tempat ini telah djadiakn tempat menggelar kegiatan anak mudah, kesenian dan olah raga. Dari pada hingga malam, temapat ini senantiasa berdenyut, tapi dengan tawaranran tang berbeda. Begitupula setiap harinya, mulai senin hingga minggu.
            Saat petang adalah waktu adalh waktu yang tepat untuk mengunjunginya. Biasanya, banyak anak mudah yang menggunakan tempat ini menggelar kegiatan breakdance hingga skate komunitas bikes BMX dan komunitas berbagai jenis motor pun sering menggunakan tempat ini untuk berkumpul. Sambil menonton kegiatan mereka, anda dapat menikmati berbagai jenis jajanan yang ditawarkan.

3. Tanggapilah isi laporan perjalanan yang dibacakan
Jawab:
Baulevard UGM akan menjadi salah satu tempat wisata yang digemari masyarakat di berbagai kota terutama diluar daerah. Mungkin bila berkunjung kesana sambil berbagi ilmu dengan mahasiswa UGM, saya juga dapat menikmati wisata yang terletak di Jogja. Tidak hanya itu saya akan mengunjungi kawasan benteng Vredeburg disanalah banyak yang saya akan ketahui dengan beberapa penjelasan yang diberikan oleh para pengantar.

4. Berilah tanggapan, kritik, ataupun saran atas laporan perjalanan yang dibacakan!
Jawab:
Ø  Kritik
Tempat wisata yang seperti ini harusnnya dberikan ruang untuk publikasi di luar Negara karena ciri khas yang berbeda dari kota dan Negara lainnya.
Ø  Saran
Tempat Wisata agar lebih terjaga untuk memperketat keamanannya juga menjaga kelestarian dari keindahan tempat itu.


 














                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar