Minggu, 24 Juni 2012

SILABUS PEMBELAJARAN


Eevaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia
TUGAS II
NAMA          :  SUHARTIN LANTAMU
NIM               :   105335705 09
KELAS         :   VI D

SILABUS PEMBELAJARAN ( 1 )
 
Sekolah                                   : SMP NEGERI 2 BAJENG BARAT
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      : IX (Sembilan) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar

Penyimpulan pidato/khotbah/ceramah
-Mendengarkan pidato/ceramah/khotbah
-Mendiskusikan hal-hal pok dalam pidato/ceramah/khotbah
-Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah dalam beberapan kalimat
-Mampu menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah
-Mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah

Tes  tulis
Uraian











-Tulislah hal-hal pokok dari pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan!
-impulkanlah pesan pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan  ke dalambeberapa kalimat!
2 X 40’
-Rekaman pidato/
ceramah/
khotbah

Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
                                                            Rasa hormat dan perhatian ( respect )
                                                          Tekun ( diligence )
                                                          Tanggung jawab ( responsibility )
                                                          Berani ( courage )











ILABUS PEMBELAJARAN ( 2 )
Standar Kompetensi   : Membaca
Memahami ragam wacana tulis dengan memcaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring.
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
Menemukan masalah utama dari berbagai cerita yang bertopik sama melalui membaca ektensif.
















Cara menentuka masalah utama dan i,implementasinya
-Membaca beberapa beita untuk bertanya jawab mengenai permasalahan yang ada dalam tiap-tiap berita.
-Bertanya jawab mengenai masalah utama pada setiap berita.
-Bertanya-jawab untuk menyimpulkan kesamaan masalah utama dalam beberapa berita
Mampu mendata masalah dari tiap-tiap berita




Mampu menentukan masalah tiap-tiap berita


Mampu  menyimpulkan kesamaan melalui kegiatan membandingkan beberapa berita.

Tes  tulis







Teks tertulis





Teks tertulis
Teks uraian







Teks uraian





Teks uraian
-Tulislah permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam dua teks berita.
-Tulislah masalah utama yang terdapat pada tiga teks berita.
-Tulislah kesamaan masalah yang terdapat pada kedua berita tersebut.
2 X 40’
Teks bacaan

Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)
                                             Rasa hormat dan perhatian ( respect )
                  Tekun ( diligence )
                                   Tanggung jawab ( responsibility )
           Berani ( courage )









SILABUS 1
MENYIMPULKAN PESAN PIDATO/CERAMAH/KHUTBAH YANG DIDENGAR


Berpidato adalah komunikasi lisan pasif untuk mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Ketika mendengarkan teks atau rekaman pidato/khotbah/ceramah, kita sering menganggap ada sesuatu yang penting atau sesuatu yang menarik dari isi pidato/khotbah/ceramah tersebut. Agar sesuatu yang penting atau sesuatu yang menarik itu tidak mudah terlupakan, sebaiknya kita membuat catatan tentang hal-hal pokok dan mencatat pesan-pesan yang disampaikan orator (orang yang berpidato), kemudian menyimpulkannya.
            Untuk memudahkan pencatatan hal-hal penting dari pidato/khotbah/ceramah yang didengarkan, gunakanlah petanyaan-pertanyaan seperti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana, yang sesuai dengan isi atau pesan yang disampaikan orator.


Pidato Tema Hari Pahlawan

Assalamualaikum, wr. Wb

Saudara-saudara,Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan pidato berjudul “Hari Pahlawan”. Pidato ini bertujuan mengingatkan kita bahwa kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme sangat penting dalam mengembangkan negara kita. Tanpa sikap tersebut, maka mustahil bagi kita untuk membuat negara kita bertahan hidup.
Saudara-saudara  Setiap tahun kita memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November. Ini adalah refleksi Negara kita dalam menghargai sejarah masyarakat Indonesia dalam memperjuangkan melawan penjajahan. Hari Pahlawan juga menunjukkan bahwa para pendahulu kita telah segala sesuatu dikorbankan untuk membangun negara ini.
Hari Pahlawan diambil dari sejarah pertempuran di Surabaya. Itu ketika orang-orang kita melawan Belanda dan pasukan Sekutu dengan tujuan perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Lebih dari 100.000 orang Indonesia yang terlibat di pertempuran melawan Sekutu yang diperkirakan lebih dari 30.000 tentara. Setidaknya 16.000 orang Indonesia meninggal, sedangkan di pihak musuh hilang 2.000 prajurit. Pertempuran itu merupakan pertempuran terberat dalam revolusi dan menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia. Dianggap sebagai upaya heroik oleh
Indonesia, pertempuran membantu rakyat kita mendapatkan dukungan internasional untuk
Kemerdekaan Indonesia. Sebagai memori pertempuran, 10 November kemudian
dirayakan setiap tahun sebagai Hari Pahlawan.
Pertempuran di Surabaya adalah salah satu pertempuran yang terjadi di negara kita selama
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka mengorbankan segalanya, termasuk darah mereka dan kehidupan. Mereka berdedikasi, kepahlawanan mereka, patriotisme dan nasionalisme untuk negara ini. Ada pepatah: negara besar adalah negara yang menghargai semua pahlawan-nya. Kita sering mendengar tentang hal itu. Kita tahu bahwa tanpa pengorbanan pahlawan , tidak akan ada negara ini. Kemerdekaan Indonesia tidak diberikan oleh kolonialis tersebut.
Saudara-saudara Saat ini kita hidup di negara kemerdekaan. Tidak ada lagi pertempuran melawan penjajah. Tapi, itu tidak berarti bahwa kita berhenti berjuang. Ada banyak jenis
perjuangan yang harus kita lakukan. Berjuang melawan korupsi, kolusi dan nepotisme
adalah beberapa contoh perjuangan. Kita harus tetap semangat kepahlawanan, patriotisme
dan nasionalisme di negara berkembang ini. Itulah cara kita menghargai pahlawan kita.
Saudara-saudara; Saya pikir itu semua pidato saya. Mari kita terus semangati pahlawan kita, mari kita lanjutkan perjuangan. Terus berjuang … untuk negara kita, untuk masa depan yang lebih baik! Terima kasih banyak atas perhatian Anda.

Wassalamu’alaikum Wr.wb



SOAL
Tulislah hal-hal pokok pidato/ceramah/khutbah yang kamu dengar!
Simpulkanlah pesan pidato/ceramah/khutbah yang kamu dengarkan dalam beberapa kalimat!

TUJUAN KHUSUS
Setelah berakhirnya seluruh kegiatan pembelajaran, siswa SMP kelas IX mampu
                                      C                                                              A
menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khutbah yang didengarkan secara cermat
                                              B                                                             D

SOAL
1.      Tuliskan permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam dua teks berita!
2.      Tulislah masalah utama yang tersapat dalam tiga teks berita!
3.      Tilislah kesamaan yang terdapat pada kedua berita tersebut!

TUJUAN KHUSUS
           Setelah berakhirnya kegiatan pembelajaran, siswa SMP kelas IX mampu
                                                     C                                              A
 ragam wacana tulis dengan tep
                 B                     D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar