Eevaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia
TUGAS II
NAMA : SUHARTIN LANTAMU
NIM :
105335705 09
KELAS :
VI D
SILABUS PEMBELAJARAN
( 1 )
Sekolah :
SMP NEGERI 2 BAJENG BARAT
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
IX (Sembilan) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah yang
didengar
|
Penyimpulan pidato/khotbah/ceramah
|
-Mendengarkan pidato/ceramah/khotbah
-Mendiskusikan hal-hal pok dalam
pidato/ceramah/khotbah
-Menyimpulkan pesan
pidato/ceramah/khotbah dalam beberapan kalimat
|
-Mampu menemukan hal-hal pokok dalam
pidato/ceramah/khotbah
-Mampu menyimpulkan pesan
pidato/ceramah/khotbah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
-Tulislah hal-hal pokok dari
pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan!
-impulkanlah pesan pidato/ceramah/khotbah
yang kamu dengarkan ke dalambeberapa
kalimat!
|
2 X 40’
|
-Rekaman pidato/
ceramah/
khotbah
|
Karakter siswa
yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
ILABUS PEMBELAJARAN (
2 )
Standar Kompetensi : Membaca
Memahami ragam wacana tulis dengan memcaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Menemukan masalah utama
dari berbagai cerita yang bertopik sama melalui membaca ektensif.
|
Cara menentuka masalah utama dan i,implementasinya
|
-Membaca beberapa beita untuk bertanya jawab
mengenai permasalahan yang ada dalam tiap-tiap berita.
-Bertanya jawab mengenai masalah utama
pada setiap berita.
-Bertanya-jawab untuk menyimpulkan
kesamaan masalah utama dalam beberapa berita
|
Mampu mendata masalah dari tiap-tiap berita
Mampu menentukan masalah tiap-tiap berita
Mampu
menyimpulkan kesamaan melalui kegiatan membandingkan beberapa berita.
|
Tes tulis
Teks tertulis
Teks tertulis
|
Teks uraian
Teks uraian
Teks uraian
|
-Tulislah permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam dua teks berita.
-Tulislah masalah utama yang terdapat pada tiga teks berita.
-Tulislah kesamaan masalah yang terdapat pada kedua berita tersebut.
|
2 X 40’
|
Teks bacaan
|
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
SILABUS 1
MENYIMPULKAN PESAN
PIDATO/CERAMAH/KHUTBAH YANG DIDENGAR
Berpidato adalah komunikasi lisan pasif untuk mengungkapkan
pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Ketika
mendengarkan teks atau rekaman pidato/khotbah/ceramah, kita sering menganggap
ada sesuatu yang penting atau sesuatu yang menarik dari isi
pidato/khotbah/ceramah tersebut. Agar sesuatu yang penting atau sesuatu yang
menarik itu tidak mudah terlupakan, sebaiknya kita membuat catatan tentang
hal-hal pokok dan mencatat pesan-pesan yang disampaikan orator (orang yang
berpidato), kemudian menyimpulkannya.
Untuk memudahkan pencatatan hal-hal penting dari pidato/khotbah/ceramah yang didengarkan, gunakanlah petanyaan-pertanyaan seperti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana, yang sesuai dengan isi atau pesan yang disampaikan orator.
Assalamualaikum, wr. Wb
Saudara-saudara,Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan pidato berjudul “Hari Pahlawan”. Pidato ini bertujuan mengingatkan kita bahwa kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme sangat penting dalam mengembangkan negara kita. Tanpa sikap tersebut, maka mustahil bagi kita untuk membuat negara kita bertahan hidup.
Wassalamu’alaikum Wr.wb
SOAL
Untuk memudahkan pencatatan hal-hal penting dari pidato/khotbah/ceramah yang didengarkan, gunakanlah petanyaan-pertanyaan seperti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana, yang sesuai dengan isi atau pesan yang disampaikan orator.
Pidato Tema Hari Pahlawan
Assalamualaikum, wr. Wb
Saudara-saudara,Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan pidato berjudul “Hari Pahlawan”. Pidato ini bertujuan mengingatkan kita bahwa kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme sangat penting dalam mengembangkan negara kita. Tanpa sikap tersebut, maka mustahil bagi kita untuk membuat negara kita bertahan hidup.
Saudara-saudara Setiap tahun kita memperingati Hari Pahlawan
tanggal 10 November. Ini adalah refleksi Negara kita dalam menghargai sejarah
masyarakat Indonesia dalam memperjuangkan melawan penjajahan. Hari Pahlawan
juga menunjukkan bahwa para pendahulu kita telah segala sesuatu dikorbankan
untuk membangun negara ini.
Hari Pahlawan diambil dari sejarah pertempuran di
Surabaya. Itu ketika orang-orang kita melawan Belanda dan pasukan Sekutu dengan
tujuan perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Lebih dari 100.000 orang Indonesia
yang terlibat di pertempuran melawan Sekutu yang diperkirakan lebih dari 30.000
tentara. Setidaknya 16.000 orang Indonesia meninggal, sedangkan di pihak musuh
hilang 2.000 prajurit. Pertempuran itu merupakan pertempuran terberat dalam
revolusi dan menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia. Dianggap sebagai
upaya heroik oleh
Indonesia, pertempuran membantu rakyat kita mendapatkan dukungan internasional untuk
Kemerdekaan Indonesia. Sebagai memori pertempuran, 10 November kemudian
dirayakan setiap tahun sebagai Hari Pahlawan.
Indonesia, pertempuran membantu rakyat kita mendapatkan dukungan internasional untuk
Kemerdekaan Indonesia. Sebagai memori pertempuran, 10 November kemudian
dirayakan setiap tahun sebagai Hari Pahlawan.
Pertempuran di Surabaya adalah salah satu
pertempuran yang terjadi di negara kita selama
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka mengorbankan segalanya, termasuk darah mereka dan kehidupan. Mereka berdedikasi, kepahlawanan mereka, patriotisme dan nasionalisme untuk negara ini. Ada pepatah: negara besar adalah negara yang menghargai semua pahlawan-nya. Kita sering mendengar tentang hal itu. Kita tahu bahwa tanpa pengorbanan pahlawan , tidak akan ada negara ini. Kemerdekaan Indonesia tidak diberikan oleh kolonialis tersebut.
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka mengorbankan segalanya, termasuk darah mereka dan kehidupan. Mereka berdedikasi, kepahlawanan mereka, patriotisme dan nasionalisme untuk negara ini. Ada pepatah: negara besar adalah negara yang menghargai semua pahlawan-nya. Kita sering mendengar tentang hal itu. Kita tahu bahwa tanpa pengorbanan pahlawan , tidak akan ada negara ini. Kemerdekaan Indonesia tidak diberikan oleh kolonialis tersebut.
Saudara-saudara Saat ini kita hidup di negara
kemerdekaan. Tidak ada lagi pertempuran melawan penjajah. Tapi, itu tidak
berarti bahwa kita berhenti berjuang. Ada banyak jenis
perjuangan yang harus kita lakukan. Berjuang melawan korupsi, kolusi dan nepotisme
adalah beberapa contoh perjuangan. Kita harus tetap semangat kepahlawanan, patriotisme
dan nasionalisme di negara berkembang ini. Itulah cara kita menghargai pahlawan kita.
perjuangan yang harus kita lakukan. Berjuang melawan korupsi, kolusi dan nepotisme
adalah beberapa contoh perjuangan. Kita harus tetap semangat kepahlawanan, patriotisme
dan nasionalisme di negara berkembang ini. Itulah cara kita menghargai pahlawan kita.
Saudara-saudara; Saya pikir itu semua pidato
saya. Mari kita terus semangati pahlawan kita, mari kita lanjutkan perjuangan.
Terus berjuang … untuk negara kita, untuk masa depan yang lebih baik! Terima
kasih banyak atas perhatian Anda.
Wassalamu’alaikum Wr.wb
SOAL
Tulislah hal-hal pokok
pidato/ceramah/khutbah yang kamu dengar!
Simpulkanlah pesan pidato/ceramah/khutbah
yang kamu dengarkan dalam beberapa kalimat!
TUJUAN KHUSUS
Setelah berakhirnya seluruh kegiatan
pembelajaran, siswa SMP kelas IX mampu
C
A
menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khutbah
yang didengarkan secara cermat
B
D
SOAL
1.
Tuliskan permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam
dua teks berita!
2.
Tulislah masalah utama yang tersapat dalam tiga teks
berita!
3.
Tilislah kesamaan yang terdapat pada kedua berita
tersebut!
TUJUAN KHUSUS
Setelah berakhirnya kegiatan pembelajaran, siswa
SMP kelas IX mampu
C A
ragam wacana tulis dengan tep
B D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar