Minggu, 24 Juni 2012

SILABUS PEMBELAJARAN


 
EVALUASI PEMBELAJARAN
TUGAS 2
HERIANTY
105335706 09
VI D

SEKOLAH                                           :     SMP NEGERI 1 PANGKAJENE
   MATA PELAJARAN                            :    BAHASA INDONESIA
   KELAS/SEMESTER                              :   IX/SATU 
   STANDAR  KOMPETENSI                    : Menulis
1.       Menuliskan hasil suntingan naskah karangan





STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR



1.  Menuliskan hasil suntingan  terhadap naskah karangan
1.1. Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana.
Men yunting karangan
~Membaca karangan yang akan disunting

2x40 Menit
LKS Bahasa Indonesia kelas IX oleh MGMP Bahasa Indonesia


~Mempelajari terlebih dahulu penggunaan EYD sebelum menyunting
~Mampu menganalisis dan memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana.

                                                                                                          


~Menyunting karangan berdasarkan penggunaan EYD yang benar



Materi Pembelajaran
Menyunting Karangan (Editor)
Editor adalah seseorang yang bertugas mengedit. Kegiatan mengedit artinya meneliti kemudian melakukan seleksi jika ada bagian yang perlu dihilangkan atau ditambah.
Istilah mengedit dipadankan dengan kata menyunting dalam bahasa Indonesia. Kata editor dipadankan dengan kata penyunting atau penyelia. Seorang penyunting membutuhkan keahlian, ketelitian, dan pengetahuan yang cukup tentang bahasa Indonesia.
Berikut ini hal-hal yang harus disunting pada sebuah teks dalam 
bahasa Indonesia:
1. Ejaan
Penyuntingan tentang ejaan berpedoman pada Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemakai bahasa adalah kesalahan penulisan huruf kapital dan pemakaian tanda baca.
2. Keefektifan Kalimat
Kalimat disebut efektif apabila memiliki struktur yang tepat sehingga makna kalimatnya mudah dipahami dan tidak menimbulkan penafsiran yang tidak sesuai dengan maksud penutur kalimat.
3. Pemilihan Kata
Sinonim dalam 
bahasa Indonesia tidak berlaku mutlak, artinya meski sebuah kata memiliki arti yang hampir sama bukan berarti bisa saling bertukar tempat. Oleh karena itu, pemakaian kata harus membertimbangkan ketepatan pemilihan kata atau diksi.
            Cobalah baca contoh karangan di bawah ini;
TOKO BUKU
            Pernah saya membaca buku, kalau tidak salah pada hari itu adalah hari senin. Tepatnya pukul 09.00 buku yang saya baca itu sangat menarik dan sangat menyentuh, bahkan memberikan sustu pelajaran buat sya pribadi. Di mana buku itu menceritakan tentang  “INDAHNYA WAJAHMU DIBALIK JILBAB”. Pada awalnya untuk mendapatkan buku itu saya melihat cover buku itu, saya berada pada jarak 2 meter dari tempat buku tersebut.
            Kemudian saya mencoba melangkah dan mendekat dan mengambil buku itu, tapi kurang dari tiga langkah lagi saya dapat memegang buku tersebut, tiba-tiba ada seorang perempuan yang memakai jilbab, kalau tidak salah dia memakia jilbab warnah merah melintas di depan saya, kemudian memegang buku tersebut dan merampasnya dari tangan saya. Waktu itu saya hanya bisa mengelus-elus dada dan berkata “sabar, sabar, sabar Yanti.....”, mungkin belum saatnya kamu membaca buku itu.
            Setelah membaca materi tentang bagaimana cara penyutingan terhadap suatu karangan, maka bacalah terlebih dahulu karangan di atas, kemudian lakukan penyuntingan berdasarkan pertanyaan di bawah ini.
SOAL
1.       Carilah naskah karangan terlebih dahulu yang baik untuk dibaca?
2.       Temukan materi tentang EYD dan pelajari terlebih dahulu?
3.        kemudian lakukan penyuntingan dari segi:
*      Memperhatikan penggunaan EYD!
*      Memperhatikan penggunakaan kata!
*      Memperhatikan keefektifan kalimat!
*      Memperhatikan keterpaduan paragraf!
*      Memperhatikan kebulatan wacana!
4.       Buatlah naskah karangan yang baik  berdasarkan referensi di atas?

TUJUAN KHUSUS

*      Siswa SMP kelas IX mampu menyunting naskah karangan yang ditemukan
A                                                                                B
berdasarkan referensi yang ada dengan baik
                        C                                  D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar