EVALUASI PEMBELAJARAN
TUGAS 2
HERIANTY
105335706 09
VI D
SEKOLAH
: SMP NEGERI 1 PANGKAJENE
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IX/SATU
STANDAR KOMPETENSI : Menulis
1.
Menuliskan hasil suntingan naskah karangan
|
||||||||
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK/ PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
1. Menuliskan
hasil suntingan terhadap naskah
karangan
|
1.1. Menyunting karangan dengan berpedoman pada
ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan
kebulatan wacana.
|
Men yunting
karangan
|
~Membaca karangan yang akan disunting
|
|
2x40 Menit
|
LKS Bahasa Indonesia kelas IX oleh MGMP Bahasa
Indonesia
|
||
~Mempelajari terlebih dahulu penggunaan EYD sebelum
menyunting
|
~Mampu menganalisis dan memperbaiki kesalahan ejaan,
pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan
wacana.
|
|||||||
~Menyunting karangan berdasarkan penggunaan EYD yang
benar
|
||||||||
Materi
Pembelajaran
Menyunting Karangan (Editor)
Editor adalah seseorang yang bertugas
mengedit. Kegiatan mengedit artinya meneliti kemudian melakukan
seleksi jika ada bagian yang perlu dihilangkan atau ditambah.
Istilah mengedit dipadankan dengan kata menyunting dalam bahasa Indonesia. Kata editor dipadankan dengan kata penyunting atau penyelia. Seorang penyunting membutuhkan keahlian, ketelitian, dan pengetahuan yang cukup tentang bahasa Indonesia.
Berikut ini hal-hal yang harus disunting pada sebuah teks dalam bahasa Indonesia:
1. Ejaan
Penyuntingan tentang ejaan berpedoman pada Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemakai bahasa adalah kesalahan penulisan huruf kapital dan pemakaian tanda baca.
Istilah mengedit dipadankan dengan kata menyunting dalam bahasa Indonesia. Kata editor dipadankan dengan kata penyunting atau penyelia. Seorang penyunting membutuhkan keahlian, ketelitian, dan pengetahuan yang cukup tentang bahasa Indonesia.
Berikut ini hal-hal yang harus disunting pada sebuah teks dalam bahasa Indonesia:
1. Ejaan
Penyuntingan tentang ejaan berpedoman pada Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemakai bahasa adalah kesalahan penulisan huruf kapital dan pemakaian tanda baca.
2. Keefektifan Kalimat
Kalimat disebut efektif apabila memiliki struktur yang tepat sehingga makna kalimatnya mudah dipahami dan tidak menimbulkan penafsiran yang tidak sesuai dengan maksud penutur kalimat.
3. Pemilihan Kata
Sinonim dalam bahasa Indonesia tidak berlaku mutlak, artinya meski sebuah kata memiliki arti yang hampir sama bukan berarti bisa saling bertukar tempat. Oleh karena itu, pemakaian kata harus membertimbangkan ketepatan pemilihan kata atau diksi.
Kalimat disebut efektif apabila memiliki struktur yang tepat sehingga makna kalimatnya mudah dipahami dan tidak menimbulkan penafsiran yang tidak sesuai dengan maksud penutur kalimat.
3. Pemilihan Kata
Sinonim dalam bahasa Indonesia tidak berlaku mutlak, artinya meski sebuah kata memiliki arti yang hampir sama bukan berarti bisa saling bertukar tempat. Oleh karena itu, pemakaian kata harus membertimbangkan ketepatan pemilihan kata atau diksi.
Cobalah
baca contoh karangan di bawah ini;
TOKO BUKU
Pernah saya membaca buku, kalau
tidak salah pada hari itu adalah hari senin. Tepatnya pukul 09.00 buku yang
saya baca itu sangat menarik dan sangat menyentuh, bahkan memberikan sustu
pelajaran buat sya pribadi. Di mana buku itu menceritakan tentang “INDAHNYA WAJAHMU DIBALIK JILBAB”. Pada
awalnya untuk mendapatkan buku itu saya melihat cover buku itu, saya berada
pada jarak 2 meter dari tempat buku tersebut.
Kemudian saya mencoba melangkah dan
mendekat dan mengambil buku itu, tapi kurang dari tiga langkah lagi saya dapat
memegang buku tersebut, tiba-tiba ada seorang perempuan yang memakai jilbab,
kalau tidak salah dia memakia jilbab warnah merah melintas di depan saya,
kemudian memegang buku tersebut dan merampasnya dari tangan saya. Waktu itu
saya hanya bisa mengelus-elus dada dan berkata “sabar, sabar, sabar
Yanti.....”, mungkin belum saatnya kamu membaca buku itu.
Setelah membaca materi tentang
bagaimana cara penyutingan terhadap suatu karangan, maka bacalah terlebih
dahulu karangan di atas, kemudian lakukan penyuntingan berdasarkan pertanyaan
di bawah ini.
SOAL
1.
Carilah naskah karangan terlebih
dahulu yang baik untuk dibaca?
2.
Temukan materi tentang EYD dan
pelajari terlebih dahulu?
3.
kemudian lakukan penyuntingan dari segi:
Memperhatikan penggunaan EYD!
Memperhatikan penggunakaan kata!
Memperhatikan keefektifan kalimat!
Memperhatikan keterpaduan
paragraf!
Memperhatikan kebulatan wacana!
4. Buatlah naskah karangan yang
baik berdasarkan referensi di atas?
TUJUAN KHUSUS
Siswa SMP kelas IX mampu menyunting naskah karangan yang ditemukan
A B
berdasarkan referensi yang
ada dengan baik
C D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar